Klub Renang BASC Diresmikan, Dorong Ciptakan Atlet Berprestasi

BREBES, smpantura – Satu lagi klub renang lahir di Kota Brebes. Klub renang yang bernama Brebes Aquatik Swiming Club (BASC) itu diresmikan, Jumat siang (24/2/2023), di Kolam Renang Tirta Kencana.

Peresmian klub renang ini, ditandai dengan pemotogan tumpeng dan pemakaian jersey klub. Hadir dalam peresmian, Ketua KONI Kabupaten Brebes, Abdul Aris As’saad bersama jajarannya, Kabid Pemuda dan Olahraga Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Brebes Fajar Adi Widiarso, Ketua Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Brebes Dedy Yohanes, dan para wali atlet.

Dewan Pembina Klub BASC,  Joko Trianto mengatakan, klub renang BASC ini sebenarnya lahir pada 10 Januari 2023. Namun untuk menjadi klub yang resmi di bawah naungan PRSI Brebea membutuhkan proses, dan baru kali ini bisa diresmikan. Keberadaan klub BASC diharapkan semakin menyemarakan pembinaan olahraga renang, sehingga mampu menciptakan atlet renang handal dan berprestasi, yang mampu membawa nama baik Brebes.

“Kami sadari keberadaan klub BASC masih seumur jagung, sehingga kami sangat membutuhkan bimbingam dari senior klub renang yang lahir terlebih dahulu. Besae harapan kami keberadaan BASC ini, bisa mendorong lahirnya atlet berprestasi di Brebes,” ucapnya.

Ketua KONI Kabupaten Brebes, Abdul Aris As’saad mengatakan, KONI sebagai wadah organisasi olahraga sangat mengapresiasi lahirnya klub renang BASC. Sebab, dari klub-klub ini nantinya akan lahir bibit-bibit atlet tangguh dan berprestasi. Apalagi, BASC sudah memiliki atlet binaan cukup banyak. “Ini sangat luar biasa. Kami sangat mengapresiasi lahirnya klub BASC ini. Kami berharap keberadaan BASC juga bisa mendorong lahirnya atlet berprestasi di Brebes,” tandasnya.

BACA JUGA :  Heri Fitriansyah Jabat Plt Ketua PSSI Brebes

Lebih lanjut dia mengatakan, KONI Brebes sangat terbantu dalam proses pembinaan atlet dari keberadaan klub tersebut. Apalagi, para wali atlet terlihat bersemangat mendukung anak-anaknya menjadi atlet renang. Di sisi lain, KONI juga tidak akan tinggal diam, dalam upaya memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana pendukung.

“Kita ketahui bersama KONI bersama PRSI Brebes tengah berupaya mendorong agar kolam renan Tirta Kencana ini bisa menjadu Indoor. Tahun 2022 lalu, anggaran sebenarnya sudah ada senilai Rp 1 miliar, tetapi di tengah jalan Bupati mempunyai kebijakan lain, dan digeres untuk membangun lapangan tenis Indoor. Tahun 2024, kami akan kembali berjuang mewujudkan impian yang tertunda ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Kabid Pemuda dan Olahraga Dindikpora Kabupaten Brebes, Fajar Adi Widiarso mengatakan, Pemkab Brebes selalu berkomitnmet atas kemajuan dan perkembangan olahraga. Sesuai amat perda, semua pihak harus terlibat dalam perkembangan dwn pembinaan olahraga. Hal itu juga ditunjukan BASC yang terlibat dalam pembinaan olahraga cabang renang. “Melihat kolam renang Tirta Kencana, sebagai sarana prasarana latihan memang harus ada pembenahan. Hal ini sudah kami lakukan secara bertahap, termasuk penerapan SOP, kualitas air dan sarana pendukung lainnya,” pungkas dia. (T07_red)

Scroll to top
error: