Kumuh! DPRD Sentil Pemeliharaan Ruang Publik di Brebes

 

BREBES, smpantura – DPRD Kabupaten Brebes menyoroti pemeliharaan ruang publik yang dimiliki Kabupaten Brebes. Sebab, kini banyak ditemukan fasilitas ruang publik yang justru kumuh dan kurang terawat. Hal itu dibutuhkan solusi konkret dari Pemkab untuk mengatasi permasalahan tersebut. Di antaranya, kondisi alun-alun yang jauh dari kata nyaman dan rapi. Kemudian, kurang maksimalnya perawatan dan pengawasan taman edukasi, dan beberapa ruang pulik lainnya.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Brebes, Tobidin mengatakan, masih menjadi pekerjaan rumah besar bagi pemkab terkait pemeliharaan ruang publik ini. Padahal antusiasme masyarakat paska melandainya pandemi Covid-19 sangat tinggi mengakses ruang publik. “Yang sering disepelekan Pemkab dalam pembangunan infrastruktur, pasti terkait pemeliharaannya. Padahal perawatan sangat penting dibandingkan saat membangun,” terangnya.

Mekanisme pemeliharaan ruang publik, kata dia, idealnya harus masuk skala prioritas penganggaran dinas terkait. Mengingat, tujuan pembangunan infrastruktur harus berkelanjutan dengan konsekuensi butuh perawatan. Termasuk, ketersediaan ruang terbuka publik yang diatur dalam regulasi Rencana Tata Ruang Wilayah. Dengan begitu, semua bentuk pemeliharaan menjadi keharusan bagi Pemda sebagai komitmen merawat asetnya.

BACA JUGA :  Pemali Meluap Sejumlah Desa di Brebes Terendam Banjir

Hal senada dikatakan Ketua Komisi I DPRD Brebes, Heri Fitriansyah. Dia mengatakan, ruang publik dan fasilitas umum menjadi daya tarik masyarakat dalam menikmati pembangunan infrastruktur. “Pembenahan pemeliharaan ruang publik harus dilakukan. Bahkan, sangat berpotensi menjadi Pendapatan Asli Daerah jika pengelolaannya diperbaiki. Contohnya, toilet di semua fasilitas umum di ruang publik ini mangkrak,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah Brebes Laode Vindar Aris Nugroho mengatakan, menanggapi banyaknya fasilitas umum dan ruang publik yang kurang terawat diakui karena terkendala nihilnya anggaran pemeliharaan. Namun sebagai bahan evaluasi usulan perawatan dan pemeliharaan sudah diajukan dalam APBD Tahun 2023. Teknisnya, secara bertahap sehingga pelan tapi pasti pemeliharaannya bisa menyeluruh. (T07_red)

Scroll to top
error: