Laka Maut di Tol Pejagan, Truk Tronton Ditabrak Saat Berhenti Ganti Ban

 

BREBES, smpantura – Hingga Selasa siang (18/10/2022), Polisi masih terus melakukan penyelidikan terhadap penyebab kecelakaan maut antara Bus Agra Mas B-7223-IX dan Truk Tronton DA-8727-TAK, di KM 247 Tol Kanci-Pejagan, Brebes yang merenggut tiga korban jiwa, dan 4 orang luka-luka. Dari keterangan sejumlah saksi, termasuk kernet bus yang selamat, truk tronton di tabrak saat berhenti di bahu jalan untuk mengganti ban.

Kasat Lantas Polres Brebes, AKP Edi Sukamto melalui Kapos Gakkum Tanjung Satlantas Polres Brebes, Aipda Andi Prasetyo mengungkapkan kronologi insiden tersebut. Menurut dia, dari hasil penyelidikan sementara, kecelakaan itu berawal saat truk tronton DA-8727-TAK yang mengangkut cairan kimia bahan dasar cat berhenti di bahu jalan untuk mengganti ban. Saat proses penggantian ban tersebut, tiba-tiba dari arah belakang ( barat ke timur ) melaju Bus Agra Mas dengan kecepatan tinggi. “Tiba-tiba dari arah barat melaju Bus Agra Mas dengan kecepatan tinggi. Bus tidak bisa menghindar, dan menabrak bagain belakang truk yang sedang terparkir mengganti ban ini,” jelasnya, Selasa (18/10/2022).

Akibat benturan keras tersebut, lanjut dia, truk yang parkir terdorong hingga masuk ke jalur cepat di lajur kanan. Dari keterangan kernet bus yang selamat, sebelum menabrak truk, bus sempat oleng ke kiri. Saat itu, kernet langsung loncat kebagian penumpang hingga berhasil selamat dari kecelakaan tersebut. “Truk yang ditrabrak ini terseret hingga masuk ke jalur cepat. Muatan cairan kimia yang diangkut juga tercecer di jalan,” terangnya.

BACA JUGA :  Operator Desa Pendamping Aplikasi SIAK Geruduk DPRD, Kenapa?

Lebih lanjut dia menambahkan, untuk keperluan penyelidikan lebih lanjut, tim Dirlantas Polda Jateng dan Korlantas Polri akan segera turun ke Tempat Kejadian Perkara (TK). “Dalam waktu dekat Dirlantas Polda Jateng dan Korlantas Polri akan turun ke lokasi kejadian untuk penyelidikan lebih lanjut,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kecelakaan maut terjadi di Kilometer (KM) 247 Tol Kanci-Pejagan, masuk wilayah Kecamatan Tanjung, Kabupaten Brebes, Senin siang (17/10). Bus Agra Mas B-7223-IX mendadak menabrak truk sarat muatan, yang sedang terparkir di bahu jalan. Akibat insiden itu, 3 orang tewas, dan 5 orang lainnya luka-luka.

Korban tewas dan korban luka merupakan penumpang bus. Menager Operasional Tol Kanci-Pejagan, Uum Jumadi saat dikonfirmasi wartawan membenarkan kejadian tersebut. Dia menjelaskan kecelakaan antara bus dan truk itu terjadi di lajur A KM 247 ruas Kanci-Pejagan, masuk wilayah Kecamatan Tanjung, Brebes. Kecelakaan terjadi karena Bus Agra Mas tujuan Jakarta-Pekalongan menabrak truk tronton yang tengah parkir di bahu jalan. Akibatnya, bagian depan bus mengalami rusak parah. “Kejadian di jalur A, ada truk yang sedang berhenti ditabrak dari belakang oleh bus,” ungkapnya. (T07_red)

Scroll to top
error: