Mahasiswa Perhotelan Poltek Harber Raih Juara Cooking Competition

TEGAL, smpantura – Mahasiswa Program Studi (Prodi) D3 Perhotelan Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) Kota Tegal, mengikuti kompetisi memasak yang diselenggarakan Cedea di Vannamei Seafood Restaurant, Selasa (25/10) lalu.

Hadir dalam acara tersebut, Marketing Executive Cedea, Ikhsan dan chef Yudo Nugroho selaku owner Vannamei. Dengan total peserta sebanyak 26 tim yang terdiri dari para pelaku UMKM, Umum dan Akademi. Para peserta diberikan waktu sebanyak 60 menit untuk memasak dan plating masakannya.

“Semoga melalui lomba ini para peserta mendapat pengalaman dan masukan dari dewan juri. Selain itu, resep dari para juara yang terpilih akan dijadikan inspirasi resep hidangan dari Cedea,” kata Ikhsan.

Masakan yang dilombakan harus berbahan dasar dari salah satu produk Cedea yaitu Chikuwa. Peserta dibebaskan untuk memasak sesuai dengan ide kreatif masing-masing dan diwajibkan menonjolkan Chikuwa sebagai poin utama.

Adapun kriteria penilaian bukan hanya dari rasa dan ide kreatif saja, tapi juga kerja sama tim dan kebersihan. Lomba masak ini dinilai oleh juri chef Muto yang terkenal dengan sebutan “Kungfu Chef” dan juga dinilai oleh chef Yudo selaku owner Vannamei Seafood Restaurant.

BACA JUGA :  BiLiK Pelatihan Perhotelan Berhasil Turunkan Angka Pengangguran di Kota Tegal

Selama peserta memasak, dewan juri berkeliling untuk melihat proses memasak sekaligus menilai kekompakan tim. Setelah peserta selesai memasak dan menyiapkan hidangan masing-masing, kedua juri berkeliling untuk menilai hidangan peserta.

Para peserta sangat antusias saat mengikuti demo masak oleh chef Muto. Dalam demo tersebut, Chef Muto memberikan atraksi kungfu yang dikombinasikan dengan teknik memasak. Peserta yang terpilih diperbolehkan untuk membantu chef Muto memasak dan mencicipi hidangan yang telah dibuat.

Ketua Prodi D3 Perhotelan Poltek Harber, Puput Dewi Anggraeni mengatakan, dalam kompetisi tersebut mahasiswa D3 Perhotelan Poltek Harber berhasil meraih tiga juara kategori akademi. Juara 1 diraih oleh Wijaya Putra Sakti dan Vinda Hasta, mahasiswa semester 5, dengan nama sajian Chikuwa Woku.

“Kemudian Juara 2 diraih oleh Nanda Rizky Saputra dan Niken Amalia Putri, mahasiswa semester 3, Vietnam Salad Chikuwa Roll with Sambal Kecombrang. Sedangkan Juara 3 oleh Devi Setiani dan Almira Zadah, mahasiswi semester 1, dengan nama sajian Chikuwa Bumbu Rujak,” kata Puput. (T03-red)

Scroll to top
error: