PAM Tirta Baribis Unit Bumiayu Antisipasi Lonjakan Pemakaian Air Saat Nataru

BUMIAYU, smpantura– Perumda Air Minum (PAM) Tirta Baribis Kabupaten Brebes Unit Bumiayu menyiapkan sejumlah langkah untuk mengantisipasi lonjakan pemakaian air saat libur natal 2022 dan tahun baru 2023 (Nataru) mendatang.

Kepala PAM Tirta Baribis Unit Bumiayu, Muflikhin, mengatakan, pemakaian air bersih selama libur Nataru dipastikan meningkat. Sebab, pada saat itu banyak masyarakat yang mudik ke kampung halaman.”Peningkatan pemakaian air saat Nataru nanti, kita prediksi hingga 10 persen,” kata Muflikhin, Jumat (9/12).

Untuk mengantisipasi peningkatan pemakaian air bersih selama libur Nataru tersebut, empat sumber air baku akan dimaksimalkan. Yaitu sumber air baku Bulakan dengan kapasitas produksi 40 liter/detik, Podol 10 liter/detik, Bulakan II 15 liter/detik, Petung 5 liter/detik, dan Maremang 3 liter/detik.”Jika semua berjalan normal, kita pastikan sumber baku kita masih aman untuk melayani 6.900 pelanggan selama libur Nataru,” katanya.

BACA JUGA :  Didemo Warga, Kades dan Tiga Perangkat Desa Songgom Mundur

Muflikhin menambahkan, upaya lain untuk menghadapi peningkatan pemakaian air selama masa libur Nataru adalah dengan mengurangi tingkat kebocoran air.”Pipa distribusi, water meter hingga kita cek secara berkala,” ujarnya.

Pihaknya juga menyiapkan tim yang akan berjaga 24 jam selama libur Nataru. Oleh karena itu, pelanggan dihimbau untuk segera melapor jika ada atau menemukan kerusakan pada jaringan pipa distribusi. Dengan demikian, gangguan pasokan air ke pelanggan bisa cepat teratasi.”Jika ada gangguan pada jaringan pipa distribusi, tim ini akan bergerak cepat melakukan penanganan,” ujarnya.(T06-red)

Scroll to top
error: