PELITA Launching Seleksi Bersama Masuk Politeknik Swasta

TEGAL, smpantura – Perkumpulan Politeknik Swasta Indonesia (PELITA) menggelar kegiatan launching program SBMPS (Seleksi Bersama Masuk Politeknik Swasta).

Kegiatan yang diikuti oleh Direktur dan pimpinan dari 50 lebih Politeknik Swasta berlangsung secara daring, Kamis (22/2/2024).

Ketua Umum PELITA, Akhwanul Akhmal menyampaikan, hadirnya SBMPS diharapkan mampu mengenalkan Politeknik Swasta yang ada di Indonesia sebagai tujuan studi lanjut yang menarik ditengah maraknya semangat pemerintah dalam memajukan pendidikan vokasi.

Selain itu, program ini juga mampu mendorong pertumbuhan jumlah mahasiswa baru di masing-masing kampus Politeknik Swasta.

Akhwanul Akhmal berharap, program SBMPS dapat mempermudah akses bagi calon mahasiswa baru dalam mendaftar melanjutkan studi ke tingkat pendidikan tinggi.

“Semoga SBMPS bisa memudahkan adik-adik untuk melanjutkan studi yang lebih tinggi dengan alternatif pilihan Politeknik Swasta yang tersebar di seluruh Indonesia, tanpa harus mengunjungi satu demi satu kampusnya,” ungkap Akmal.

Ketua Bidang Promosi PELITA, Roy Anthonius Susanto menambahkan, program SBMPS merupakan cita-cita bersama perkumpulan Politeknik Swasta yang sudah direncanakan pada Rakernas Pelita.

Kolaborasi tersebut juga sejalan dengan didirikannya Perkumpulan Politeknik Swasta untuk saling bersinergi dalam memajukan pendidikan vokasi.

Menurutnya, tahun ini merupakan tahun kedua perkumpulan Politeknik Swasta Indonesia dengan jumlah anggota aktif 53 Politeknik Swasta tersebar di Indonesia, asosiasi ini merupakan semangat baru wajah pendidikan vokasi indonesia untuk menyongsong Indonesia Emas 2045.

BACA JUGA :  Jalur Pantura Tegal Didominasi Minibus dan Travel

“Peluncuran program SBMPS dilakukan dengan menyosialisasikan sistem seleksi bersama yang dapat diakses melalui laman sbmps.id,” ujarnya.

Sistem tersebut, lanjut Roy, mengakomodir semua politeknik yang akan bergabung dalam program SBMPS.

Selain itu, sistem itu juga mengakomodir untuk calon pendaftar yang bisa mengakses langsung untuk memilih empat program studi dari masing-masing Politeknik yang tergabung dalam program tersebut.

“Pendaftaran calon mahasiswa baru dibuka mulai 4 Maret hingga 28 Juni 2024 dengan biaya administrasi pendaftaran sebesar Rp 200.000,” tambah Roy.

Direktur Eksekutif PELITA, Ginanjar Wiro Sasmito menjelaskan bahwa di tahap yang pertama ini, untuk program SBMPS baru membuka program untuk jalur rapor.

Namun, tidak menutup kemungkinan ke depan akan terus dikembangkan untuk program-program yang lain.

“PELITA akan terus berkomitmen untuk mendukung pendidikan vokasi di Indonesia, terus berkolaborasi melanjutkan program-program bersama seperti SBMPS untuk memberikan kontribusi positif terhadap pendidikan tinggi di Indonesia khususnya di bidang vokasi,” kata Ginanjar. (T03-Red)

Scroll to top
error: