Pemkab Brebes Terima 113 Aduan, Terbanyak Soal Jalan Rusak

BUMIAYU,smpantura– Pemkab Brebes menerima 113 pengaduan masyarakat selama periode Desember 2022 – Februari 2023. Paling banyak soal jalan rusak.

Hal itu disampaikan Pj Bupati Urip Sihabudin saat Safari Ramadan di Masjid Fadhulullah, Dukuh Barupiring, Desa Linggapura, Kecamatan Tonjong, Brebes, Selasa (28/3).”Ada 113 pengaduan masyarakat yang masuk sejak saya menjabat sebagai Pj Bupati Brebes,” kata Urip.

Menurut Urip, aduan masyarakat tersebut datang dari 17 kecamatan. Pengaduan diterima melalui program Sambat Maring Bupati (Sambu) dan handphone pribadinya.”Dari 17 kecamatan ini, Kecamatan Tonjong paling sedikit (aduan),” katanya.

Disampaikan Urip, 113 aduan masyarakat paling banyak tentang jalan rusak. Kemudian disusul masalah kesehatan dan pendidikan. Aduan masyarakat tersebut, lanjut Urip, sudah direspon dengan cepat.”Tugas kami melayani masyarakat. Sekecil apapun keluhan masyarakat akan direspon, minimal kita menjawab,” katanya.

Diakui Urip, masalah jalan rusak masih menjadi pekerjaan rumah utama Pemkab Brebes. Pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin memenuhi kebutuhan masyarakat sesuai dengan anggaran yang telah disetujui DPRD.”Kita juga mengupayakan bantuan ke Pemprov Jateng dan Pusat untuk membenahi infrastruktur jalan,” katanya.

BACA JUGA :  Ditagih Pembangunan Jalan Lingkar Flyover Kretek, PPK 1.4 Jateng : Sudah Penentuan Trase Jalan

Pada safari ramadan yang turut dihadiri Sekda Brebes Djoko Gunawan dan anggota DPRD Mustollah, Urip juga mengajak masyarakat untuk mencegah adanya pernikahan dini. Sebab menurutnya, perkawinan dini bisa memicu stunting.

Sebagaimana diketahui, kata Urip, stunting menjadi salah satu masalah kesehatan yang sedang dituntaskan oleh Pemkab Brebes.”Saya titip pada bapak /ibu yang masih punya anak remaja, tolong hindari adanya pernikahan dini. Karena itu bisa memicu stunting,” ujarnya.

Sementara Camat Tonjong, Lukman Hakim, mengatakan, sejauh ini kondusifitas wilayahnya terjaga karena kemitraan dengan unsur TNI, Polri, dan elemen masyarakat lainnya berjalan dengan baik.

Terkait jalan rusak, pihaknya berharap Pemkab memprioritaskan pembangunan jalan penghubung antarkecamatan yaitu ruas Negarayu (Tonjong) – Buniwah (Sirampog) dan pembangunan jembatan Wadasgumantung. (T06-red)

Scroll to top
error: