Pemkab Brebes Terima Hibah Mobil Damkar Pemprov DKI

BREBES, smpantura – Sebuah mobil pemadam kebakaran secara resmi dihibahkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kepada Pemkab Brebes. Mobil Damkar itu diserahkan Bupati Brebes Idza Priyanti kepada Plt Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Brebes Supriyadi, usai apel pagi di halaman Kantor Pemerintahan Terpadu (KPT) Brebes, Senin (24/10/2022).

“Mobil Damkar ini hibah dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, sebagai bentuk kerja sama dan sinergitas dalam upaya peningkatan pelayanan publik, khususnya dalam urusan kebencanaan,” kata Bupati Brebes, Idza Priyanti.

Dia mengatakan, dengan penambahan armada damkar ini, tidak hanya sebagai sarana penunjang kinerja, tetapi diharapkan pelayanan kebencanaan dapat ditangani dengan cepat dan tepat untuk mewujudkan rasa aman di masyarakat. Pihaknya mengingatkan jika tugas pokok dan fungsi pemadam kebakaran dikenal dengan Panca Dharma. Yaitu, pencegahan dan pengendalian kebakaran, pemadaman kebakaran, penyelamatan, pemberdayaan masyarakat, dan penanganan kebakaran bahan berbahaya dan beracun. Di samping tugas pokok ini, petugas pemadam kebakaran wajib siaga 24 jam yang tidak mengenal hari libur dan siap memadamkan kebakaran.

BACA JUGA :  Pelajar di Brebes Diimbau Tak Konvoi Usai Pengumuman Kelulusan

“Sosok petugas pemadam kebakaran telah bekerja dengan siap siaga hadir dalam penyelamatan jiwa, melakukan tugas dengan ikhlas tanpa pamrih, tanpa mengharap pujian dan sanjungan, memberi pelayanan pemadaman kebakaran dan penyelamatan,” ungkapnya.

Sementara itu, Plt Kepala Satpol PP Kabupaten Brebes Supriyadi menjelaskan, hibah satu unit Mobil Damkar sangat membantu, karena Brebes masih kekurangan armada Damkar. Idealnya, Kabupaten Brebes memiliki 17 armada Damkar sehingga bisa melayani ditiap-tiap kecamatan. Namun yang baru dimiliki hanya 4 unit dan ditambah 1 unit dari hibah Pemprov DKI, sehingga menjadi 5 unit.

“Hibah ini akan kami gunakan dengan baik, termasuk juga perawatannya sehingga bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk masyarakat,” pungkasnya. (T07_red)

Scroll to top
error: