Penanganan Darurat Jalan Kretek-Kaligua Hampir Rampung

BUMIAYU, smpantura– Penanganan darurat jalan Kretek-Kaligua di wilayah Sijampang, Desa Ragatunjung, Kecamatan Paguyangan, Brebes, hampir rampung.

Dari pantauan, kondisi jalan yang semula rusak parah, kini terlihat mulus beraspal sensit. Sebelumnya, ruas jalan kabupaten ini ditanami pohon pisang oleh sejumlah warga. Aksi tersebut dilakukan karena kerusakan semakin parah dan membahayakan pengguna jalan, khususnya pengendara sepeda motor.

Kepala UPT DPU Wilayah Bumiayu, Andi Azis Amin Amrulloh, Selasa (27/12), mengatakan, kerusakan jalan yang ditangani sepanjang 165 meter dan difokuskan pada titik-titik yang rusak parah seperti Sijampang dan Kalibuntu. Penanganan sudah dilakukan sejak Rabu (21/12) dan kini mendekati selesai.”Perbaikan ini sifatnya sementara atau darurat. Adapun perbaikan permanen akan dilakukan pada tahun anggaran 2023,” kata Andi.

Selain penanganan badan jalan, sebelumnya juga dilakukan penanganan drainase. Sedimen drainase yang memicu penyumbatan dikeruk agar aliran airnya lancar.”Sebelumnya, air dari drainase membeludak sehingga mempercepat kerusakan jalan,” kata Andi menambahkan.

BACA JUGA :  Subur Theater Sempat Jadi Icon Brebes di Dunia Perfilman

Salah seorang pengguna jalan, Soleh (50), mengaku senang kerusakan jalan diperbaiki. Menurut dia, jalan yang semula mirip sungai kering, kini sudah berubah menjadi mulus.”Sebelumnya rusak parah dan membahayakan pengendara sepeda motor,” ujarnya.

Warga Kaligua yang setiap hari melewati ruas jalan tersebut, berharap penanganan jalan Kretek-Kaligua bisa tuntas di tahun 2023. Dengan infrastruktur jalan yang memadai, potensi wisata di Kaligua Desa Pandansari bisa berkembang.”Selain Kebun Teh Kaligua dan Telaga Ranjeng, ada wisata yang dikembangkan desa. Namun karena kondisi jalan rusak, wisatawan malas berkunjung,” ujarnya.(T06-red)

Scroll to top
error: