Pengurus DPC Ikapeksi Bregas Dilantik

  • Komit Bina Pengusaha Muda Alumni Magang Jepang

SLAWI, smpantura – Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC), Ikatan Pengusaha Kenshusei Indonesia (Ikapeksi) Bregas (Brebes, Tegal, Slawi) periode 2023-2028, resmi dilantik dan dikukuhkan, Minggu (9/7).

Pelantikan dan pengukuhan yang dilaksanakan di Gedung Yaumi Slawi, ditandai dengan pemakaian jaket Ikapeksi oleh Ketua DPP Ikapeksi, Edi Waryono, kepada Ketua DPC Ikapeksi Bregas, Abdul Basir diikuti oleh pengurus lainnya.

Hadir dalam acara tersebut, Direktur International Manpower Development Organization Japan Akasaka Jiro, Wakil Ketua DPD Ikapeksi Jateng-DIY Wahid, Sekretaris Dinas Perindustrian, Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Tegal Sutoyo, perwakilan dari SMK di wilayah Brebes, Tegal dan Slawi serta alumni magang di Jepang.

Wakil Ketua DPD Ikapeksi Jateng-DIY menyambut baik dilantiknya dan dikukuhkannya pengurus DPC Ikapeksi Bregas. Menurutnya, organisasi tersebut memiliki nilai sendiri.

Melalui Ikapeksi , alumni magang di Jepang dari lintas angkatan bisa saling menyambung silaturahmi, saling mengisi, dan menyemangati antara bisnis satu orang dengan orang lain.

Ikapeksi juga menjadi wadah bagi alumni magang Jepang belajar berwirausaha dan bersinergi dengan anggota lainnya.

“Agar ke depan pengurus bisa memberi citra yang baik dari Ikapeksi, agar kita bisa tambah besar, sehingga bisa merangkul teman-teman eks Kenshusei yang lain, apalagi disini menjadi lumbungnya eks Kenshusei di Jateng,”jelasnya.

Dengan rekam jejak yang baik itu akan membawa manfaat bola salju bagi Ikapeksi. Menurut Wahid, saat ini ada 500 lebih eks Kenshusei yang mempunyai usaha.

Ketua DPP Ikapeksi Edi Waryono menyampaikan Ikapeksi berdiri sejak 2013. Selama dasawarsa pertama, Ikapeksi tetap solid, terus berkembang dan terus menebar manfaat.

“Tidak lain karena teman-teman DPP, DPD selalu memelihara sifat ikhlas. Ketika kita berorganisasi bukan semata-mata kekayaan dan profit yang didapat,”ungkapnya.

BACA JUGA :  Pendamping PKH Mendapat 29 Unit Kendaraan Dinas

Sementara Direktur International Manpower Development Organization Japan, Akasaka Jiro menggunakan bahasa Jepang menyampaikan rasa bangga, terhadap pencapaian eks Kenshusei.

Mereka yang magang di Jepang sekitar 20-26 tahun, saat ini sudah menjadi pengusaha di berbagai bidang usaha.

Sekretaris Dinas Perindustrian, Transmigrasi, dan Tenaga Kerja Kabupaten Tegal Sutoyo mewakili Kepala Dinas Perindustrian, Transmigrasi dan Tenaga Kerja menyampaikan selamat atas acara pelantikan dan pengukuhan Dewan Pimpinan Cabang Ikatan Pengusaha Kenshusei Indonesia (Ikapeksi) Bregas.

Menurutnya, Ikapeksi memiliki peran yang sangat berjasa dalam membina alumni magang Jepang untuk menjadi pengusaha yang sukses.

Didirikan pada tahun 2013 sebagai asosiasi beranggotakan pengusaha yang pernah mengikuti program magang kerja teknis di Jepang, Ikapeksi telah berhasil membangun jejaring dan komunitas yang kuat.

Pihaknya berharap bahwa kehadiran Ikapeksi di wilayah Brebes , Tegal, Slawi akan semakin memperkuat kolaborasi dan memperluas jaringan bisnis antara Indonesia dan Jepang.

“Kami juga mengharapkan agar Ikapeksi dapat terus mendukung dan membina para alumni magang Jepang untuk menjadi pengusaha yang sukses, sehingga mereka dapat berkontribusi secara signifikan dalam memajukan sektor industri dan menciptakan lapangan kerja di wilayah ini,”tuturnya.

Ditambahkan olehnya, dengan saling mendukung dan bekerja sama, akan dapat mencapai tujuan bersama dalam memajukan sektor industri, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, serta menciptakan lapangan kerja yang lebih baik bagi masyarakat wilayah Bregas.

Di tempat yang sama, Ketua Umum DPC Ikapeksi Bregas Abdul Basir menyampaikan, bersama pengurus dan anggota, pihaknya akan memiliki program memajukan pengusaha muda eks magang Jepang dan mendekati sekolah-sekolah agar memotivasi siswanya untuk ke Jepang. (T04-Red)

Scroll to top
error: