Perbaikan Jalan Provinsi yang Ambles di Sirampog Mulai 2023

BUMIAYU, smpantura– Perbaikan jalan provinsi ruas Bumiayu – Sirampog yang ambles di Dukuh Karanganyar, Desa Sridadi, Kecamatan Sirampog, Brebes, akan dilakukan tahun 2023. Kabar tersebut disampaikan Kades Sridadi, Sudiryo, Jumat (16/12).”Iya, perbaikan jalan akan mulai dilakukan tahun depan (2023),” katanya.

Menurut kades, rencana penanganan tersebut diketahui saat mengikuti survei tim Bina Marga Jateng ke lokasi, beberapa waktu yang lalu.”Anggaran yang disiapkan untuk perbaikan jalan tersebut Rp 3,6 miliar,” kata kades. Bina Marga, lanjut kades, juga menyiapkan opsi relokasi untuk penanganan jalan yang ambles tersebut.”Kalau setelah diperbaiki masih ambles lagi, relokasi akan dilakukan di tahun 2024,” ujarnya.

Menurut kades, jalan provinsi tersebut rusak sejak September. Intensitas hujan yang tinggi memperparah kondisinya hingga sekarang. Kondisi tanah yang labil diduga menjadi penyebabnya.”Kerusakan bertambah parah mulai Oktober kemarin, bersamaan dengan bencana tanah bergerak yang memporakporandakan permukiman warga Dukuh Karanganyar,” katanya.

BACA JUGA :  GMNI Brebes Bersama Warga Deklarasi Gerakan Aksi Solidaritas Desa Bangsri

Kades berharap penanganan berjalan sesuai rencana. Sebab, ruas jalan yang menghubungkan ke wilayah Bumijawa, Tegal tersebut memiliki peran penting bagi mobilitas dan perekonomian warga. “Setiap hari, sayuran hasil pertanian warga dikirim ke luar daerah melewati jalur ini,” ujarnya.

Terpisah, anggota DPRD Brebes, Nasikun, mengusulkan agar jalan provinsi yang ambles direlokasi. Hal ini mengingat, kondisi tanah dilokasi yang labil. Jika tetap dipertahankan, biayanya akan sangat tinggi dan akan selalu menjadi masalah di kemudian hari. ”Saya cenderung memilih opsi relokasi dalam penanganan jalan yang ambles tersebut. Jalan eksisting tetap dirawat agar lalu lintas tidak putus sampai ada jalan baru,” ujar politikus PDI Perjuangan asal Kecamatan Sirampog tersebut. (T06-red)

Scroll to top
error: