Perdana, IDI Kabupaten Tegal Gelar Pertemuan Ilmiah Tahunan

SLAWI, smpantura – Kewajiban untuk peningkatan ilmu pengetahuan di bidang kedokteran menjadi kebutuhan.

Sehubungan dengan hal tersebut, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Tegal menggelar Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) dengan tema Emergency in Daily Clinical Practice sebagai sarana transfer of knowledge dan diskusi perkembangan kemajuan ilmiah di bidang kegawatdaruratan yang dijumpai dalam praktek sehari-hari dalam bentuk simposium.

Simposium diselenggarakan di ruang Syailendra Hotel Grand Dian Slawi pada Sabtu (25/9) secara hybrid ( online dan offline) dengan diikuti anggota IDI Cabang Kabupaten Tegal dan sekitarnya sebanyak 223 peserta.

Ketua panitia kegiatan dr Arif Darmawan, Sp.PD mengatakan PIT tahun 2022 adalah PIT perdana yg diselenggarakan oleh IDI Cabang Kabupaten Tegal.

Menurut Arif, kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan pengetahuan dan kompetensi dalam manajemen kasus-kasus kegawatan yang bersifat update secara komprehensif bagi dokter di Kabupaten Tegal dan sekitarnya.

Selain itu, meningkatkan kualitas penatalaksanaan kegawatdaruratan sehingga menurunkan angka kecacatan dan kematian pada pasien.

“Pertemuan Ilmiah Tahunan ini juga sebagai media silaturahmi dengan para anggota IDI Kabupaten Tegal,” terang Arif, Minggu (25/9).

BACA JUGA :  Persiapan Nataru, Satlantas Cek Kendaraan Dinas

Hadir membuka kegiatan Ketua IDI Wilayah Jateng dr Djoko Handojo Sp.B(K) Onk. Dalam sambutannya, Djoko berpesan agar rekan- rekan sejawat dokter selalu meningkatkan kompetensi dan update pengetahuan medis dan bekerja secara profesional dan sesuai kode etik kedokteran Indonesia (Kodeki) dan tetap solid dalam satu wadah organisasi profesi dokter yaitu IDI.

Sementara itu, Ketua IDI Cabang Kabupaten Tegal dr. M. Sofwan Arifi berpesan agar peserta bisa mengikuti seluruh rangkaian acara sehingga tujuan kegiatan yaitu meningkatan pengetahuan dan kompetensi dalam penanganan kegawatdaruratan agar kualitas pelayanan semakin meningkat dan bermutu sehingga bisa mengurangi kecacatan dan kematian pada pasien.

Dalam PIT tersebut, ada empat tema yang diangkat dengan 11 topik yang disampaikan anggota IDI Kabupaten Tegal.

Tema yang diusung Clinical Emergencies in Adult Respiratory and Pediatrics Desordor, Cardiovascular and Neurology Emergencies , Emerhency in Obstetric and Internal Medicine serta The Role Anesthesia and Surgery in Emergency.

Acara juga dimeriahkan dgn pemberian doorprize dan didukung oleh berbagai pihak. (T04-Red)

Scroll to top
error: