Pj Bupati Minta Jangan Kendor Pembinaan Prestasi Olahraga di Brebes

– Kecamatan Brebes Juara Umum Popda 2022

BREBES, smpantura – Penjabat (Pj) Bupati Brebes, Urip Sihabudin meminta dan mendorong kepada para pelatih, pembina, pengurus KONI Brebes agar tidak kendor dalam pembinaan prestasi olahraga di Kabupaten Brebes. Langkahnya bisa diawali dari anak-anak sekolah melalui Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA). Melalui ini, diyakini akan muncul atlet-atlet muda berbakat dari berbagai cabang olahraga.

Hal tersebut disampaikan Urip Sihabudin saat Closing Ceremony Pekan Olahraga Daerah (POPDA) tahun 2022 tingkat Kabupaten Brebes di hall King Royal Hotel Brebes, kemarin.

“Kami minta seluruh stake holder untuk aktif mengikuti perkembangan atlet pelajar di lapangan, juga pada saat event kompetisi. Gelaran kompetisi Popda misalnya, jangan hanya dijadikan agenda rutin tahunan semata, tetapi diharapkan dapat menjadi titik lanjut perkembangan atlet pelajar untuk pembenahan dan pembinaan. Artinya, peningkatan prestasi olahraga kabupaten Brebes bisa lebih baik lagi serta berkesinambungan,” ungkap Urip Sihabudin.

Dia mengatakan, Popda hanya membuka jalan untuk menunjukkan bakat dan potensi di bidang olahraga. Kelanjutannya, perlu pemupukan, perawatan atlet secara masif. Termasuk dengan menerapkan melalui metode sport science. “Metode ini dapat meningkatkan prestasi atlet dan membantu dalam proses pelatihan bagi para pelatihnya. Ini sangat diperlukan untuk mengembangkan performa atlit khususnya fisik, teknik, taktik dan psikis,” ucapnya.

BACA JUGA :  Aparat Diminta Usut Dugaan Pungutan di SMP 1 Bumiayu

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Brebes Caridah melaporkan, Popda 2022 diikuti 2.156 pelajar, utusan kontingen dari 17 Kecamatan. Sebanyak 19 cabang olahraga yang dipertandingkan untuk jenjang SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA.

“Juara Umum diraih kontingen Kecamatan Brebes dengan meraih 289 medali, peringkat kedua kontingen Kecamatan Bumiayu meraih 120 medali dan peringkat ketiga kontingen Kecamatan Bantarkawung meraih 67 medali,” jelasnya.

Lebih lanjut dia berharap,, Popda dapat menjadi ajang pengembangan serta peningkatan mutu sumber daya manusia dalam bidang olahraga. Mampu menjaring atlet muda berbakat dan berkualitas. “Kami juga akan memfasifasilitasi, membina dan mengembangkan terus atlet pelajar agar bisa berprestasi di tingkat provinsi dan nasional,” pungkasnya. (T07_red)

Scroll to top
error: