Poltek Harber Buka Peluang Kolaborasi Industri

TEGAL,smpantura – Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) Tegal, membuka peluang kolaborasi industri. Salah satunya dengan meneken perjanjian kerja sama dengan PT Kawan Lama Sejahtera di Ruang Transit Gedung C, belum lama ini.

Kunjungan PT Kawan Lama tersebut dilakukan, untuk menindaklanjuti implementasi perjanjian kerja sama yang telah disepakati dengan Poltek Harber Tegal, pada tahun 2021 lalu.

Direktur Poltek Harber Tegal, Agung Hendarto mengaku optimis, bahwa bekerja sama dan kolaborasi dengan industri yang saat ini dilakukan, akan tepat sasaran serta dibutuhkan untuk perkembangan masing-masing agar menjadi besar.

“Kami bersama Prodi D3 Teknik Mesin akan berfokus pada pemberdayaan sumber daya yang ada. Utamanya untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan bisnis dari PT Kawan Lama yakni penyediaan alat-alat industri,” ucap Agung.

Selain meneken kerja sama, kegiatan juga diisi dengan pelatihan dan penyerapan lulusan D3 Teknik Mesin. Termasuk penawaran program kerja sama dari PT Kawan Lama, yang berorientasi pada bisnis seperti shared economy (Join Development) dan sub-con.

BACA JUGA :  Pemeriksaan Lintas Semarang-Tegal, KAI Daop 4 Siap Lakukan Perbaikan Ini

Direktur PT Kawan Lama Albert Primusanto mengatakan, dunia industri dan pendidikan memang bukan lagi saling tunggu, tapi sudah saatnya untuk jemput bola dan berkolaborasi. Sebab, pada akhirnya yang diuntungkan juga pihak industri untuk pemenuhan SDM yang siap dan kompeten dari perguruan tinggi vokasi.

Pada kesempatan itu, Albert menyatakan tidak hanya mendukung sumber daya yang ada di Poltek Harber saja untuk menghasilkan produk yang bernilai ekonomi. Namun, pihaknya berharap dapat membantu produk UMKM atau home industri yang ada di wilayah Tegal, agar bisa ikut dikembangkan bersama PT. Kawan Lama.

“Kami mengharapkan ada implementasi kerja sama berupa pengembangan produk dan tempat produksinya di Tegal,” bebernya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: