Poltek Harber Kenalkan Pembelajaran Mikrokontroler Interaktif Dengan Tinkercad

TEGAL, smpantura – Dosen Prodi D3 Teknik Komputer Politeknik Harapan Bersama, kenalkan metode pembelajaran mikrokontroler yang interaktif menggunakan tinkercad kepada siswa SMK NU 1 Islamiyah Kramat, Kabupaten Tegal, Selasa (28/5).

Kegiatan yang diikuti 31 siswa Kelas X dan XI jurusan teknik komputer jaringan, merupakan pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang dikemas dalam bentuk seminar dan pelatihan.

Para peserta diberikan pemahaman mengenai pentingnya pembelajaran mikrokontroler dalam konteks teknologi masa kini, sehingga diharapkan melalui pelatihan dapat menambah softskill mereka.

Ketua Tim PKM, Eko Budihartono mengungkapkan, tujuan utama kegiatan itu adalah memberikan wawasan dan keterampilan praktis kepada siswa mengenai penggunaan mikrokontroler melalui platform tinkercad.

Dengan adanya pembelajaran interaktif tersebut, siswa akan mampu memahami konsep-konsep dasar teknologi mikrokontroler dengan lebih baik.

“Semoga pembelajaran yang interaktif ini bermanfaat bagi peserta, sehingga mereka dapat mengembangkan minat dan kemampuan dalam bidang teknologi mikrokontroler. Kami berharap acara ini akan memberikan manfaat besar bagi peserta dan membawa dampak positif dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di masa depan,” ungkap Eko.

BACA JUGA :  Teknik Mesin Poltek Harber Perkuat Kerja sama dengan Politeknik Caltex Riau

Dalam kegiatan ini, peserta diperkenalkan dengan platform tinkercad, yang merupakan alat simulasi online untuk merancang rangkaian elektronik dan pemrograman mikrokontroler.

Selain itu, diberikan panduan langkah demi langkah tentang cara menggunakan tinkercad untuk membangun rangkaian elektronik sederhana.

Setelah pemahaman dasar terbentuk, peserta akan melakukan praktik langsung dengan mendesain dan mensimulasikan rangkaian elektronik menggunakan tinkercad.

Kepala SMK NU 1 Islamiyah Kramat, Fatika mengucapkan terima kasih dan berharap kegiatan semacam ini dapat berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pengetahuan di kalangan siswa.

“Semoga ilmu yang didapatkan dapat bermanfaat bagi peserta dalam mengeksplorasi dan mengembangkan potensi mereka di bidang teknologi mikrokontroler,” katanya. (T03_Red)

Scroll to top
error: