Poltek Harber Serius Garap Mahasiswa dan Alumni Masuk Dunia Industri Jepang

TEGAL, smpanturaPoliteknik Harapan Bersama (Poltek Harber) serius untuk menyiapkan para mahasiswa dan alumninya untuk memasuki sektor industri kerja di Negeri Sakura, Jepang.

Hal ini dibuktikan dengan kerja sama yang dilakukan antara Poltek Harber dengan PT. Liana Segrus, di Ruang Rapat Utama Poltek Harber, Selasa (23/4).

Jumlah lapangan pekerjaan yang ada di negara Jepang sangatlah tinggi, tetapi hal ini tidak diiringi dengan jumlah populasi usia produktif untuk menjadi pekerja.

Karena hal inilah, PT. Liana Segrus mendirikan tujuh program bagi mahasiswa untuk mendapatkan kesempatan magang, bekerja dan melanjutkan pendidikan di negeri sakura.

Direktur Politeknik Harapan Bersama, Agung Hendarto mengungkapkan, kerja sama ini dilaksanakan sebagai aksi nyata dan serius Poltek Harber untuk menyiapkan mahasiswa dan para alumninya, agar bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik serta layak dan sesuai dengan kompetensi keahlian yang dimiliki.

Apalagi Poltek Harber memiliki ribuan mahasiswa yang tersebar di 11 program studi dan sangat berpotensi untuk berkembang lebih baik lagi setiap tahunnya.

“Berbagai kerja sama telah kami lakukan. Salah satunya dengan PT. Liana Segrus, sehingga bisa menjadi jembatan bagi para alumni, agar setelah lulus nantinya bisa memasuki industri pekerjaan yang sesuai dengan bidang keahlian dan kemampuan mereka,” kata Agung.

BACA JUGA :  Poltek Harber Buka Peluang Kolaborasi Industri

Consultant PT. Liana Segrus, M. Teguh Setiabasa mengatakan, permintaan tenaga kerja Indonesia ke Jepang itu sangatlah tinggi, tetapi persiapan yang ada di lapangan sangatlah kurang.

Dirinya juga mengungkapkan bahwa SMK dan perguruan tinggi yang ada di Indonesia, masih belum cukup untuk menyiapkan lapangan pekerjaan yang cukup untuk para lulusannya.

“Populasi di negara Jepang sedang mengalami penurunan. Hal ini dapat kita jadikan sebagai peluang untuk memasuki dunia industri pekerjaan yang ada di sana. Mulai dari sektor industri kesehatan, hospitality dan juga industri teknik,” jelasnya.

Dalam kerja sama lanjutan ini, PT. Liana Segrus juga menjelaskan tujuh program yang dimilikinya, seperti  program intership, kelas industri, semi kelas industri, sistem hybrid, program ryugakusei, studi atau kuliah di Jepang bagi lulusan setingkat SMA dan program double degree. (T03-Red)

Scroll to top
error: