Poltek Harber Tingkatkan Keterampilan Digital Akuntansi Bagi Siswa SMK

TEGAL, smpantura – Dosen Prodi D3 Akuntansi Poltek Harber, fokus meningkatkan kompetensi digital di bidang akuntansi pada siswa SMK melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Hal ini diungkapkan D3 Akuntansi, Fitri Amaliyah di Kampus Poltek Harber, Kamis (6/6).

Salah satu implementasinya berupa pelatihan yang dilaksanakan di SMK Muhammadiyah Adiwerna pada bulan April lalu.

Dalam pelatihan ini, siswa diberikan pengertian mengenai perbedaan software akuntansi MYOB dan Accurate serta kelebihan masing-masing. Peserta juga dibekali materi serta praktik tentang digitalisasi akuntansi.

Peserta pelatihan dipandu untuk mencatat transaksi keuangan serta laporan keuangannya dengan menggunakan software akuntansi Accurate.

Ketua Tim PKM Fitri Amaliyah mengungkapkan, di era digitalisasi saat ini, penggunaan software akuntansi menjadi semakin umum sebagai alat bantu dalam proses pembuatan laporan keuangan untuk proses pengambilan keputusan bisnis yang tepat.

Salah satu perangkat lunak akuntansi yang banyak digunakan pemain bisnis lokal adalah Accurate. Kepatuhannya mengikut standar akuntansi keuangan dan pajak, menjadikan Accurate sebagai solusi akuntansi yang dapat diandalkan.

BACA JUGA :  Poltek Harber Kenalkan Pembelajaran Mikrokontroler Interaktif Dengan Tinkercad

“Untuk itu, siswa SMK jurusan akuntansi perlu dibekali software ini, sehingga keterampilan digitalisasi akuntansi mereka tidak tertinggal, sebagai penunjang kompetensi,” jelasnya.

Ketua Jurusan Akuntansi SMK Muhammadiyah Adiwerna, Siti Uviyanti menuturkan, pengenalan software Accurate menjadi bekal siswa didiknya dalam menghadapi dunia kerja, sehingga mereka lebih siap serta memiliki kompetensi dan dapat diaplikasikan saat bekerja.

“Dengan pelatihan ini, siswa kami tentu akan lebih memahami mengenai apa itu akuntansi digital, terutama dalam penggunaan software Accurate. Hal ini diharapkan dapat menjadi bekal yang cukup untuk mereka menghadapi dunia industri nantinya,” katanya.

Pada akhir kegiatan, peserta pelatihan diberikan kesempatan untuk mendiskusikan permasalahan yang ditemukan pada saat menggunakan aplikasi Accurate, khususnya tentang tahap-tahap pembuatan laporan keuangan. (T03-Red)

Scroll to top
error: