Puluhan Ribu Jiwa di Brebes Terdampak Kemarau, Droping Air Terus Digencarkan

BREBES, smpantura – Sedikitnya 39.484 jiwa yang tersebar di 26 desa di Kabupaten Brebes, kini kesulitan mendapatkan air bersih. Hal itu menyusul musik kemarau yang berkepanjangan, sehingga dampak kekeringan terus meluas. Sementara, Pemkab Brebes bersama sejumlah lembaga dan elemen masyarakat terus menggencarkan droping air bersih ke masyarakat.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Brebes menyebutkan, dari 26 desa yang dilanda kekeringan tersebut tersebar di 8 kecamatan. Kekeringan itu mulai dirasakan sejak pertengahan Agustus lalu. Awalnya warga yang terdampak hanya di 7 desa yang tersebar di 4 kecamatan. Namun hingga September dampaknya terus meluas.

Kepala Pelakasan Harian (Kalahar) BPBD Kabupaten Brebes Nursy Mansur mengatakan, untuk mengatasi warga yang kesulitan air bersih, Pemkab Brebes telah mendroping air bersih sejak pertengahan Juli lalu. Bahkan, Pemkab juga menggandeng sejumlah lembaga, mulai dari PMI, Kepolisian hingga Perumda untuk menyalurkan bantuan air bersih.

BACA JUGA :  Arus Mudik Lebaran, Ini Simpul Titik Kemacetan di Brebes

“Kami dan stakeholder totalnya telah mendroping air bersih bagi 9.434 KK di 26 desa yang tersebar di 8 kecamatan. Total jiwa yang menerima manfaat droping air bersih ini kurang lebih mencapai 39.484 jiwa,” katanya, Selasa (12/8).

Menurut dia, daerah yang telah mendapatkan droping air bersih tersebut di antaranya, Kecamatan Tonjong dua desa, Ketanggungan tiga desa, Bantarkawung lima desa. Kemudian, Kecamatan Banjarharjo tujuh desa. Kemudian, Kecamatan Larangan lima desa, Bumiayu dua desa dan Kecamatan Paguyangan satu desa dan Kecamatan Kersana satu desa.

“Ada kemungkinan kesulitan air ini bisa terjadi sampai Oktober mendatang. Kami meminta masing-masing pemerintah desa segera melaporkan ke BPBD Brebes, jika warganya mengalami krisis air bersih. Kami akan langsung melakukan penanganan krisis air bersih, dan semoga bisa sedikit membantu meringankan beban warga ini,” pungkasnya. (T07_red)

Scroll to top
error: