Ratusan Buruh Demo di DPRD Brebes, Ini Tuntutannya

BREBES, smpantura – Ratusan buruh yang tergabung dalam Serikat Buruh Merdeka Indonesia (Sebumi) Kabupaten Brebes, berdemonstrasi di Gedung DPRD, Jalan Gajah Mada Brebes, Selasa (27/12/2022). Mereka berujukrasa untuk menyampaikan 4 tuntutan, di antaranya terkait kelayakan upah dan permudah lowongan kerja di pabrik bagi laki-laki.

Para pendemo tiba di Gedung Wakil Rakyat sekitar pukul 11.30. Sebelumnya, mereka dengan bersepeda motor dan mobil terbuka, berkonvoi menuju ke Gedung DPRD Brebes. Tiba di Gedung DPRD, para buruh tersebut langsung menggelar orasi sambil membentangkan sejumlah poster tuntutan. Aksi mereka, mendapat pengamanan ketat dari Jajaran Polres Brebes dan Satpol PP Pemkab Brebes. Puluhan anggota gabungan diterjunkan di lokasi unjuk rasa, termasuk mensiagakan sebuah mobil water canon.

Usai berorasi, sejumlah perwakilan buruh ditemui Wakil Ketua DPRD Brebes, Teguh Wahid Turmudi didampingi sejumlah anggota DPRD. Mereka kemudian beraudensi di ruang paripurna bawah DPRD Brebes.

Ketua Sebumi Brebes Bambang Suhendi mengatakan, ada 4 tuntutan yang disampaikan dalam aksi kali ini. Pertama, meminta DPRD Brebes untuk turut serta memperjuangkan upah yang layak bagi di Kota Bawang. Kedua, meminta agar bantuan-bantuan dari pemerintah wajib dirasakan keluarga buruh. Ketiga, mendesak agar lowongan pekerjaan di pabrik bagi laki-laki dipermudah. Sebab, selama ini lowongan yang tersedia hanya kebanyakan bagi perempuan. Terakhir, mendesak DPRD Brebes harus lebih berperan terhadap penanganan stunting dan kemiskinan ekstrim di Brebes.

BACA JUGA :  Jelang Arus Mudik Truk Masuk Kota Brebes, Waspada Bagi Pengendara Motor

“Kami mendesak DPRD Brebes turut berperan dalam memperjuangkan upah layak bagi para buruh di Kabupaten Brebes. Termasuk, mempermudah lowongan pekerjaan di pabrik baki kaum laki-laki,” tandasnya.

Menurut dia, dari empat tuntutan yang disampaikan tersebut diharapkan diperoleh titik temu. Terutama, terkait dimudahkannya lowongan pekerjaan untuk laki-laki.”Lowongan pekerjaan yang ada saat ini lebih banyak menyerap para wanita. Jadi, kami juga mendorong agar DPRD bisa memudahkannya lowongan pekerjaan bagi laki-laki,” jelasnya.

Menanggapi tuntutan tersebut, Anggota DPRD Kabupaten Brebes, Mustholah mengatakan, aspirasi yang disampaikan para buruh akan pihaknya tampung, yang kemudian dilanjutkan ke pemerintah daerah. “Insyaallah usulan mereka sudah kami terima dan kita tampung, yang kemudian akan kami tindaklanjuti,” pungkasnya. (T07_red)

Scroll to top
error: