Ratusan Juleha di Brebes Apel Jelang Idul Adha

BREBES, smpantura – Ratusan Juru Sembelih Halal (Juleha) di Kabupaten Brebes, melakukan apel akbar menjelang Hari Raya Idul Adha, di halaman Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Brebes, Jumat (14/6/2024). Apel ini dipimpin langsung Pj Bupati Brebes, Iwanuddin Iskandar.

“Juleha ini tentu memberikan kita rasa aman karena masyarakat tidak perlu ragu lagi bahwa hewan yang disembelih di Kabupaten Brebes ini sudah sesuai dengan akidah kehalalannya,” ujar Pj Bupati Brebes, Iwanuddin Iskandar.

Dia mengatakan, Juleha itu selalu berkolaborasi dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, untuk memberikan edukasi mengenai kondisi hewan yang sehat, yang layak disembelih, yang layak untuk dijadikan kurban. Sebab ada beberapa persyaratan yang harus diketahui oleh Juleha maupun masyarakat tentang hewan yang boleh dan tidak boleh dijadikan kurban. Diharapkan, para Juleha Brebes akan semakin banyak. Setelah mengikuti pelatihan dan diberikan edukasi para Juleha ini akan terus bertambah sesuai dengan pemenuhan kuota Juleha di Jawa Tengah maupun di kabupaten Brebes.

BACA JUGA :  BRIN Survei Jalan dan Lokasi Program Ekskavasi Arkeologi di Situs Bumiayu

“Kita upayakan satu desa satu Juleha. Ini dikarenakan Juleha yang baik itu adalah juru sembelih yang mempunyai kualitas serta pengalaman yang banyak. Jadi tidak hanya teori-teori saja tapi juga pengalamannya,” jelasnya.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Brebes, drh Ismu Subroto mengatakan, pihaknya akan terus memberikan pembinaan dan edukasi dalam rangka menyiapkan jaminan produk aman, sehat dan halal. Tahun ini sudah ada sebanyak 409 orang Juleha dan yang sudah bersertifikat 39 orang. Rencananya akan disebar di seluruh Kecamatan, dan di setiap Rumah Potong Hewan (RPH).

“Kemudian, paramedis juga disiapkan dalam menyongsong Idul Adha, untuk menjamin kesehatan hewan dan produk halal yang akan dikurbankan,” pungkasnya. (T07_red)

Scroll to top
error: