Ribuan Warga Kota Tegal Terima BLT Subsidi BBM dari Dinas Sosial

TEGAL, smpantura – Pemerintah Kota Tegal, melalui Dinas Sosial (Dinsos) menyalurkan bantuan pengamanan sosial berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) kepada 8.412 warga yang tercatat sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Penyaluran BLT Subsidi BBM tersebut secara simbolis dilaunching Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono, diwakili Kepala Dinas Sosial (Dinsos), Bajari, di Aula Kantor Bank Jateng Cabang Kota Tegal, Kamis (24/11).

Dalam sambutan Wali Kota Tegal, yang dibacakan Kepal Dinsos, Bajari menyebut bahwa program tersebut merupakan salah satu upaya dari sekian banyak program yang dilakukan untuk menjaga kestabilan hidup masyarakat, akibat pandemi Covid-19 dan untuk menurunkan tingkat inflasi.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mengupayakan pelaksanaan kegiatan ini. Hal ini bukti Pemkot Tegal, sangat peduli dengan kesejahteraan hidup masyarakat,” jelasnya.

Melalui momentum tersebut, Wali Kota mengajak masyarakat untuk bergerak bersama dan bergotong royong, serta tidak berpangku tangan untuk mewujudkan harapan dan bangkit bersama. Semangat tersebut diharapkan dapat mencapai percepatan pemulihan kondisi di semua sektor.

Sementara, Kepala Bidang Pemberdayaan dan Jaminan Sosial (Dayajamsos) Dinsos Kota Tegal, Dinar Marnoto mengatakan, bantuan diberikan kepada kelompok nelayan kecil, ojek online, tukang becak, UMKM dan masyarakat tidak mampu yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), melalui kebijakan penganggaran belanja wajib perlindungan sosial pada APBD Tahun anggaran 2022.

BACA JUGA :  Poltek Harber Tambah Dosen Bergelar Doktor

Sebelum disalurkan, Dinar mengaku telah melakukan inventarisasi usulan dari beberapa OPD serta pemadanan data calon penerima BLT dengan data penerima bansos dari Kemensos (PKH, BPNT, BLT BBM Pusat) dan Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah (KIS) guna menghindari rangkap anggaran.

“Dari hasil pemadanan, didapatkan 8.412 KPM ditambahkan dari penduduk Kota Tegal, kategori miskin dan tidak mampu yang masuk dalam DTKS dan belum pernah menerima bantuan sosial,” sebutnya.

Adapun masing-masing penerima berhak mendapatkan Rp 450.000 yang disalurkan dalam satu termin, melalui Bank Jawa Tengah Cabang Tegal, yang terbagi pada delapan titik penyaluran dan tersebar di empat kecamatan.

Salah satu penerima BLT Subsidi BBM, Andika, yang juga pengemudi ojol mengaku senang dan berterima kasih kepada Pemkot Tegal, melalui Dinas Sosial, yang telah memberikan bantuan. Di tengah kenaikan BBM dan harga kebutuhan pokok, bantuan tersebut dinilai sangat tepat dan dapat meringankan beban kehidupan.

“Alhamdulillah, saya senang sekali bisa mendapatkan bantuan dari Dinsos. Momennya pas, di saat kebutuhan sehari-hari serba mahal, ada bantuan seperti ini. Terima kasih Pak Wali Kota, Pak Bajari dan jajaran,” tutupnya. (Adv)

Kepala Dinas Sosial Kota Tegal, Bajari, menyerahkan secara simbolis Bantuan Langsung Tunai (BLT) Subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) kepada salah satu warga yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). (T03-Red)

Scroll to top
error: