Sejumlah Proyek Strategis di Brebes Ditarget Rampung Akhir Tahun Ini

 

BREBES, smpantura – Sejumlah pembangunan proyek strategis di Kabupaten Brebes, ditargetkan selesai pada akhir tahun ini. Hal itu menyusul progres pembangunannya sesuai jadwal yang direncanakan, dan hanya beberapa proyek yang diperlukan percepatan. Pemkab Brebes juga optimis semua proyek pembangunan tersebut bisa selesai di akhir tahun 2022.

Kepala Bagian Pembangunan Setda Brebes, Anna Dwi Rahayuning Rizki menjelaskan, sejumlah pembangunan proyek strategis seperti pasar, perpustakaan, rumah pemotongan unggas, jembatan hingga jalan, saat ini progresnya terus berjalan. Mayoritas pekerjaannya sudah selesai, dan ada beberapa yang masih dikerjakan. Untuk pasar, tahun ini ada lima pasar yang direvitalisasi. Di antaranya, Pasar Kersana, Pasar Sengon, Pasar Winduaji, Pasar Seng Bumiayu, dan satu pasar lainnya. Dari lima pasar itu, semuanya hampir selesai. Khusus di Pasar Seng Bumiayu, saat ini progresnya sudah mencapai 90 persen. Sehingga, pihaknya optimis bisa selesai hingga Desember nanti.

“Sesuai hasil monitoring di lapangan, progres pembangunan Pasar Seng Bumiayu sudah 90,6 persen dari rencana 90,24 prosen. Ini karena ada optimalisasi untuk melengkapi parkiran, jalan, dan lainnya. Desember ini sudah rampung,” katanya, Rabu (19/10).

BACA JUGA :  Puluhan Rumah di Dua Kecamatan Terendam Banjir, Ini Penyebabnya

Sementara untuk pembangunan lainnya, lanjut dia, seperti gedung perpustakaan dan rumah pemotongan unggas juga ditarget akan rampung pada Desember mendatang. Namun untuk pekerjaan pembangunan perpustakaan terpaksa dilakukan perpanjangan dengan dikenai denda.

“Sesuai kontrak, pembangunan perpustakaan ini pada 6 Oktober. Tapi, ada perpanjangan sekitar sampai 3 minggu dengan pemberian denda. Meski diperpanjang, dari monitoring yang kami laksanakan progresnya masih bagus,” terangnya.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, untuk semua pembangunan proyek pemerintah daerah ditargetkan akan rampung akhir tahun ini. Hingga saat ini setiap pekerjaan masih terus dimonitoring secara berkala oleh tim percepatan yang telah dibentuk. Tim itu terdiri dari Bagian Pembangunan Setda Brebes, DPKAD, Baperlitbangda, Inspektorat, dan Asisten II Setda Brebes. Adanya tim percepatan tersebut, pihaknya optimis semua pekerjaan akan rampung akhir tahun ini. “Kami selalu melakukan monitoring ke masing-masing pekerjaan, dan secara umum progresnya bagus,” pungkasnya. (T07_red)

Scroll to top
error: