Tahun 2023, Alokasi Dana Hibah KONI Brebes Rp 3 miliar

  • RDP Bersama Komisi IV DPRD Brebes

BREBES, smpantura – KONI Kabupaten Brebes, dipastikan di tahun 2023 mendatang mendapatkan alokasi dana hibah bagi pembinaan atlet sebesar Rp 3 miliar. Anggaran itu lebih sedikit dibanding di tahun 2022, sebesar Rp 3,8 miliar. Padahal di tahun depan ada agenda penting yang harus dihadapi KONI Brebes, yakni Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng di Pati Raya.

Hal ini terungkap dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi IV DPRD Brebes bersama KONI Brebes, Rabu (23/11/2022). RDP dipimpin langsung Ketua Komisi IV DPRD Brebes, Tri Murdiningsih, yang dihadiri semua anggota Komisi IV. Kemudian, jajaran Pengurus KONI Brebes dan Perwakilan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Pemkab Brebes.

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Brebes, Zamroni mengatakan, RDP dengan jajaran pengurus KONI Brebes dilaksanakan untuk meminta penjabaran detail terkait kebutuhan anggaran pembinaan olahraga di Kabupaten Brebes. Mengingat, di tahun 2023, KONI Brebes hanya mendapatkan anggaran dana hibah sebesar Rp 3 miliar. Sedangkan di tahun 2022 mendapatkan Rp 3,8 miliar. Melihat anggaran itu, tentu terjadi penurunan.

“Setelah mendengar penjelasan pengurus KONI, kami merasa prihatin. Ternyata, ketersediaan anggaran masih timpang dengan kebutuhan standar pembinaan olahraga. Dari usulan yang disampaikan,” katanya.

BACA JUGA :  Atlet, Pelatih dan Pengurus KONI Kota Tegal Masuk Program BPJS Ketenagakerjaan

Menurut dia, anggaran sebesar itu digunakan untuk plot dana pembinaan bagi 34 cabang olahraga (cabor), termasuk kesekretariatan. Bahkan, KONI sebelumnya mengusulkan kebutuhan anggara sesuai standar ideal berkisar Rp 10 miliar, karena di tahun 2023 akan ada Porprov Jateng. Namun hanya dianggarkan Rp 3 miliar. Sehingga, fokus rekomendasi pendampingan dari perusahaan menjadi solusi konkret. Fokusnya, menjadi orang tua asuh di semua cabor sekaligus membantu pendanaannya. “Rekomendasi kami ini, menjadi solusi konkret untuk mengatasi kekurangan anggaran ini,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua KONI Brebes Ahmad Zaeni menuturkan, pihaknya mengapresiasi solusi dan rekomendasi Komisi IV DPRD terkait kebutuhan anggaran pembinaan olahraga. Sebab di tahun 2023, Kontingen Brebes membutuhkan banyak biaya untuk pembinaan dalam menghadapi Porprov Jateng. Bahkan, sudah ada sebanyak 120 atlet asal Brebes yang dinyatakan lolos ke ajang tersebut. Mereka merupakan atlet dari 25 cabor

“Jika pendampingan perusahaan dan Pemkab terwujud, kami optimistis prestasi Brebes akan naik peringkat dari semula 23 dari 35 kabupaten kota saat Porprov 2018 bisa naik minimal peringkat 15 se Jateng,” pungkasnya. (T07_red)

 

Scroll to top
error: