40 Artikel Mahasiswa Hukum UPS Tegal, Terbit di Jurnal Nasional dan Internasional

-Prodi Ilmu Hukum Pertahankan Akreditasi Unggul

TEGAL, smpantura – Peningkatan kualitas dan iklim akademika, terus ditunjukkan Fakultas Hukum (FH) UPS Tegal. Salah satu buktinya, dengan tampilnya 40 artikel mahasiswa Prodi Ilmu Hukum, yang mampu diterbitkan di jurnal bertaraf nasional maupun internasional.

Dekan FH UPS Tegal Dr Achmad Irwan Hamzani MHI mengungkapkan, tak hanya itu kualitas yang dapat ditunjukkan mahasiswanya. Selain mampu menembus jurnal berkualifikasi nasional dan internasional, 10 buku karya mahasiswanya juga sudah diterbitkan.

”Ini juga yang akhirnya menjadi modal penting Prodi Ilmu Hukum, dapat mempertahankan Akreditasi Unggul di tahun ini,” tandas dia, saat tasyakuran dalam rangka peraihan kembali akreditasi unggul yang disandang fakultasnya, di Gedung Rektorat Lantai 2, Senin (2/1).

Dia mengungkapkan, untuk meraih akreditasi tertinggi di dunia pendidikan tinggi, fakultasnya khususnya di prodi tersebut telah melewati sejumlah tahapan. Antara lain, telah dinyatakan lolos dari Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi (PEPA) BAN PT.

Akreditasi yang menjadi kewajiban setiap kampus menjadi pekerjaan yang membutuhkan fokus pengelola setiap pendidikan tinggi.

Achmad Irwan Hamzani MHI menambahkan, fakultasnya dapat mempertahankan akreditasi unggul, selain karena kegigihan mahasiswanya seperti di sebutkan di atas, juga ada penilaian sangat baik, berkaitan dengan mutu akademik dari PEPA BAN PT.

BACA JUGA :  Pemkot Tegal Sandang Predikat Informatif KIP Award Tahun 2022

Melampaui Kriteria

Sesuai dengan laporan yang dia terima, kualitas mutu akademik difakultasnya telah sesuai standar yang diterapkan lembaga pendidikan tinggi milik pemerintah. Bahkan dapat dikategorikan telah melampaui kriteria Ungul yang berbasis outcome (hasil). Salah satunya untuk kegiatan ilmiah, seperti studium generale, dan seminar. Baik skala nasional maupun internasional, dinilai telah melampaui untuk kebutuhan akreditasi.

”Apalagi publikasi baik dalam bentuk buku, maupun aritikel di jurnal internasional, sudah sampai pada level mahasiswa. Tiap tahun lebih dari 10 buku mahasiswa diterbitkan, dan lebih dari 40 artikel mahasiswa diterbitkan di jurnal nasional maupun internasional. Bahkan setiap pekan minimal satu tulisan mahasiswa, dan satu tulisan dosen terbit di media online,” ucap dia.

Rektor UPS Tegal Dr Taufiqulloh MHum mengatakan, acara tasyakuran tersebut sebagai bentuk ucapan syukur civitas akadermika perguruan tingginya. Khususnya atas perolehan Akreditasi Unggul Prodi Ilmu Hukum Fakultas Hukum. Menurut Rektor, pencapaian itu, antara lain, berkat partisipasi, fasilitas, dan dukungan semua pihak yang tidak bisa dia sebutkan satu persatu. Mulai dari pimpinan Fakultas Hukum, Yayasan Pendidikan Pancasakti, jajaran rektorat, kepala badan, kepala biro, mahasiswa, alumni, dan pengguna. (Riyono Toepra)

Scroll to top
error: