Banjir Terjang Bantarkawung Brebes, Rumah dan Puskesmas Terendam

  • Jalur Transportasi Bantarkawung-Brebes Lumpuh

BUMIAYU, smpantura– Banjir bandang menerjang wilayah Bantarkawung, Kabupaten Brebes, Rabu (16/110 sore. Banjir yang berasal dari luapan sejumlah sungai ini terjadi menyusul hujan lebat yang mengguyur wilayah tersebut.

Akibat banjir, puluhan rumah dan fasilitas rawat inap Puskesmas Bantarkawung dilaporkan terendam banjir.  Genangan banjir setinggi pinggang orang dewasa juga mengakibatkan jalur transportasi Bantarkawung-Salem, lumpuh. Para pengendara tidak berani menerabas banjir yang menggenangi ruas jalan provinsi tersebut.

Informasi diperoleh, banjir tersebut merupakan kiriman dari sejumlah sungai yang meluap.  Diantaranya Sungai Pemali dan Sungai Ciraja. Toni, warga setempat, mengatakan, banjir kerap terjadi setiap hujan lebat mengguyur. Namun menurut dia, banjir kali ini merupakan yang terbesar yang pernah terjadi.”Ini banjir paling besar yang pernah terjadi,” kata dia.

BACA JUGA :  Jelang Nataru, Tarif Tol Pejagan-Pemalang Diskon 10 Persen

Hingga sekitar lebih kurang pukul 19. 00, antrean kendaraan masih terjadi di ruas Bantarkawung-Salem, tepatnya di kawasan Cibambung Dukuh Gempol Desa Bantarkawung. Pengendara baik roda dua maupun roda empat menunggu genangan air surut.

Camat Bantarkawung melalui Satkorlak Penanggulangan Bencana Alam (PBA) Kecamatan Bantarkawung, Suranto, mengatakan, pihaknya masih melakukan pendataan terkait dampak banjir.”Ada beberapa rumah yang terendam. Kita masih melakukan pendataan,” kata dia. (T06-red)

Scroll to top
error: