Dosen Poltek Harber Edukasi Guru Akuntansi se-Wonosobo

TEGAL, smpantura – Dosen Program Studi D3 Akuntansi Politeknik Harapan Bersama, mengadakan pelatihan penggunaan aplikasi akuntansi Accurate Desktop versi 19 untuk guru akuntansi yang tergabung pada MGMP Akuntansi Kabupaten Wonosobo.

Kegiatan yang merupakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) diselenggarakan di SMK Muhammadiyah 1 Wonosobo pada Sabtu (8/6).

Kegiatan pelatihan yang diikuti oleh 50 guru ini di bagi menjadi dua sesi. Sesi yang pertama adalah pelatihan dasar Accurate dan sesi kedua adalah pelatihan mahir Accurate.

Pelatihan dasar Accurate mengedukasi para guru untuk melakukan input saldo awal secara manual, sedangkan mahir Accurate memberikan edukasi tentang entry saldo awal secara upload file.

Ketua Program Studi D3 Akuntansi Poltek Harber, Yeni Priatna Sari menuturkan, selama ini para guru SMK menguasai aplikasi akuntansi MYOB yang telah digunakan selama bertahun-tahun dalam pembelajaran akuntansi. Aplikasi MYOB juga merupakan aplikasi buatan MYOB Limited Australia.

Sedangkan aplikasi Acccurate, merupakan aplikasi produksi dari dalam negeri yang telah banyak digunakan oleh perusahaan besar dan kecil di Indonesia.

BACA JUGA :  Perdana, Kota Tegal Ekspor Tekstil ke USA

Diharapkan dengan adanya pelatihan ini dapat menambah skill para guru dalam memberikan edukasi kepada siswa terkait dengan penggunaan sistem informasi akuntansi.

“Saya mengapresiasi minat belajar para guru MGMP Akuntansi Wonosobo yang mengikuti pelatihan dengan antusias. Kami senang dapat berbagi edukasi terkait perkembangan terbaru di dunia akuntansi, tujuannya agar keilmuan akuntansi di Kabupaten Wonosobo dapat lebih berkembang,” jelasnya.

Ketua MGMP Akuntansi Wonosobo, Lia Sri mengucapkan terima kasih kepada tim trainer dari Prodi D-3 Akuntansi Poltek Harber karena telah diperkenalkan aplikasi akuntansi untuk usaha kecil dan menengah.

Hasil dari Musyawarah Guru Mata Pelajaran Akuntansi (MGMP) Kabupaten Wonosobo berencana menggunakan aplikasi Accurate pada proses pembelajaran di tahun ajaran 2024/2025.

Sementara itu, Aryanto sebagai Trainer menambahkan diharapkan kegiatan ini dapat dilanjutkan oleh para guru SMK dengan memberikan edukasi terkait aplikasi kepada seluruh siswa dan pelatihan ini dapat bermanfaat dan memberikan sarana praktik secara langsung dalam penggunaan aplikasi Accurate Desktop bagi para guru akuntansi. (T03-Red)

Scroll to top
error: