DPR Beri Sinyal Pemekaran Daerah Dibuka Lagi, Agung Widyantoro: Brebes Jangan Sampai Ketinggalan

BREBES, smpantura– Pembentukan empat daerah otonomi baru (DOB) di tanah Papua membuka peluang dibukanya kembali keran moratorium pemekaran daerah.

Anggota Komisi II DPR RI, Agung Widyantoro, menyampaikan hal tersebut, Sabtu (8/6), di Teras Padi, Paguyangan, Brebes.”Ada sinyal atau peluang keran moratorium pemekaran daerah dibuka kembali setelah pembentukan empat DOB di Papua,” kata Agung.

Empat DOB Papua tersebut, yakni Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Pagunungan, Provinsi Papua Barat Daya dan Provinsi Papua Tengah. Menurut Agung, desakan pencabutan moratorium pemekaran menguat setelah pembentukan empat DOB Papua tersebut.

Karena itu, lanjut Agung, DPR akan mendesak pemerintah untuk mencabut moratorium bagi daerah daerah yang mengajukan usulan.”Pemekaran atau pembentukan DOB ini sangat penting untuk pengembangan wilayah dan bagian dari peningkatan kesejahteraan ekonomi,” katanya.

BACA JUGA :  Ratusan Kades dan Lurah di Brebes Digembleng Tertib Administrasi Arsip

Menurut Agung, pemekaran dan moratorium akan menjadi salah satu bahasan dalam rapat kerja Komisi II dengan pemerintah pada Senin (10/6).”Rapat kerja Komisi II dengan pemerintah ini membahas Evaluasi PJ Kepala Daerah dan rencana Desain Besar Penataan Daerah (Desertada) yang didalam terkait pemekaran dan moratorium,” ujarnya.

Bagaimana dengan rencana pembentukan DOB Brebes Selatan? Agung sangat mendukung.”Bahkan saya sudah meminta langsung ke Kemendagri untuk memperhatikan usulan Pemekaran Brebes,” katanya.

Karena itu, politikus Partai Golkar tersebut meminta pegiat pemekaran Kabupaten Brebes dapat mempersiapkan diri dengan melengkapi persyaratan administrasi yang diperlukan. Hal ini penting karena ada lebih dari 300 usulan DOB yang sudah masuk ke pemerintah.”Penting untuk semuanya dilengkapi agar saat moratorium dicabut, sudah siap. Jangan sampai ketinggalan lagi,” ujarnya.(T06_Red)

Scroll to top
error: