Jelang Arus Mudik Truk Masuk Kota Brebes, Waspada Bagi Pengendara Motor

Ada Perbaikan di Jalingkut

BREBES,smpantura – Menjelang arus mudik Lebaran, kendaraan truk lebih dari dua sumbu yang semula dilarang masuk ke jalur dalam kota Brebes, kini justru diperbolahkan masuk melintas jalur pantura Kota Brebes.

Pengendara sepeda motor harus lebih waspada menyusul masuknya truk besar ke dalam kota Brebes. Sebab, arus lalu lintas dalam kota semakin padat, dan rawan memicu kecelakaan.

Masuknya truk ke ruas dalam kota itu, dikarenakan
ada perbaikan jalan jalan lingkar Utara (Jalingkut) Kota Tegal oleh pihak Bina Marga Jawa Tengah. Sehingga truk diarahkan masuk ke dalam Kota Brebes.

Pantauan di ruas Kota Brebes, Sabtu (16/03/24), kendaraan truk dari arah Semarang banyak yang menuju arah barat dengan melintasi jalur dalam kota. Sebelumnya, truk dilarang masuk jalur dalam kota dan diarahkan melintasi Jalingkut. Bahkan, barikade pembatas agar truk tidak masuk dalam kota, di simpang tiga exit tol Brebes Timur sudah tidak terpasang. Sehingga truk besar bebas masum ruas dalam kota, meski sudah ada rambu-rambu larangan truk masuk dalam kota, yang terpasang di simpang tiga Brebes Timur.

Riska (30) salah seorang pengendara motor mengaku, kaget jalur Pantura Kota Brebes tidak seperti biasanya, yang saat ini dilalui banyak kendaraan truk besar. Sosialisasi juga belum ada dari instansi berwenang.
“Kaget pas saya lewat, kok sekarang banyak truk besar melintas. Kalau seperti ini, naik motor ya ngeri juga,” katanya.

BACA JUGA :  Kesiapan Penerapan KRIS, Anggota DPR RI Sidak RSUD Brebes

Terpisah, Staf Teknik PPK 1.1 Provinsi Jawa Tengah Dwi Denny Apriliano, saat dihubungi wartawan melalui telefon selulernya, membenarkan adanya perbaikan jalan di ruas jalan lingkar Utara Kota Tegal. “Perbaikan Jalingkut Kota Tegal sepanjang kurang lebih 1 kilometer dengan lebar 15 meter melalui betonisasi, dan target pengerjaan selama 8 bulan,” jelasnya.

Menurut dia, titik perbaikan dimulai dari ujung Timur Jalingkut Kota Tegal hingga depan KUD Karya Mina Tegal Sari. Perbaikan dilakukan secara bertahap. Dimana tahap awal yakni betonisasi khusus di ruas jalan sisi selatan terlebih dulu, selanjutnya nanti sisi sebelah Utara. “Akibat adanya perbaikan jalan ini, dilakukan pengalihan arus, dan kami akan berkordinasi dengan pihak Satlantas Kota Tegal dan Brebes,” terangnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, perbaikan jalan tidak akan selesai pengerjaannya pada Lebaran mendatang, sehingga perbaikan jalan akan dihentikan pada H-10 Lebaran. “Selanjutnya perbaikan jalan akan kami lanjutkan, nanti usai arus balik Lebaran mendatang,” sambungnya.

Sementara itu, KBO Satlantas Polres Brebes, Iptu Saeful Hidayat menjelaskan, terkait pengalihan arus truk masuk Pantura Kota Brebes menyusul adanya perbaikan jalingkut di Tegal, pihaknya belum memperoleh tembusan dari pihak PPK 1.1 Provinsi Jawa Tengah

“Kami sudah menghubunginya dan telah meminta kepada pihak PPK 1.1 untuk memasang banner informasi adanya kegiatan perbaikan jalan tersebut,” pungkasnya. (T07_red)

Scroll to top
error: