Merah Putih Sepanjang 1.001 Meter Diarak di Jalur Pantura Brebes

– Kirab Harmoni Nusantara Bangkit

BREBES, smpantura – Bendera merah putih sepanjang 1.001 meter diarak di jalur Pantura Kota Brebes, dalam Kirab Merah Putih Harmoni Nusantara Bangkit, Sabtu, (26/11/2022). Bendera itu diarah oleh ribuan orang dari mulai pelajar, anggota polri hingga anggota TNI.

Selain bendera merah putih sepanjang 1.001 meter, ada juga bendera merah putih yang diarak masyarakat sepanjang 707 meter. Kemudian, replika Garuda Pancasila berukuran 5 x 5 meter dan 3.000 panji merah putih. Kirab merah putih itu, mengambil start dari depan SDN Brebes 01 di Jalan Jenderal Sudirman Kota Brebes. Iring-iringan Bergerak menuju Alun-alun Kota Brebes berjarak sekitar sekitar 2 kilometer lebih.

Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Brebes Djoko Gunawan mengatakan, kirab Merah Putih Harmoni Nusantara Bangkit, digelar dalam rangka memperingati Hari Pahlawan. Bendera merah putih yang dikirab ada dua, yakni sepanjang 1.001 meter dan 707 meter. “Kirab ini dalam rangka memperingati Hari Pahlawan. Ini dimaksudkan untuk menumbuhkan semangat nasionalisme dan patriotisme kita, terutama kepada adik-adik pelajar kita,” ujarnya.

BACA JUGA :  Banjir di Sumurpanggang Surut, Warga Kembali Beraktivitas

Menurut dia, untuk yang membentangkan kedua bendera tersebut, melibatkan sebanyak 4.700 peserta. Mereka berasal dari unsur TNI, Polri hingga pelajar. “Alhamdulilah respon masyarakat sangat bagus. Terbukti sepanjang jalan rute kirab, masyarakat sangat antusias untuk menyaksikan. Sehingga kita bangga dengan kegiatan seperti ini, diharapkan jiwa nasionalisme kita ke depan berharap persatuan dan kesatuan terus kita gelorakan,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Umum Lembaga Prestasi Indonesia Dunia, Paulus Pangka mengungkap, lembaganya memberikan apresiasi setinggi tingginya kepada Pemkab Brebes, dan kepada inisiator yang juga tokoh ulama besar Habib Muhammad Lutfi bun Ali bin Yahya. Selain itu, kepada pemakarsa R.A Endang Nanik Purwati dan juga sebagai penyelenggara Bupati, Kapolres dan Dandim 0713 Brebes. Ke depan pihaknya berharap, dengan adanya kegiatan itu, menggugah generasi muda untuk makin cinta kepada NKRI.

“Kirab kali ini, tentunya untuk menyemangati generasi muda, supaya mereka mengetahui bagaimana pancasila itu sebagai ideologi negara sebagai dasar kegiatan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” pungkasnya. (T07_red)

Scroll to top
error: