Pemdes Jejeg Bagikan BLT DD Tahap III

BUMIJAWA, smpantura – Pemerintah Desa (Pemdes) Jejeg, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari alokasi Dana Desa (DD) untuk tahap III bulan Juli, Agustus dan September 2022. Bantuan yang disalurkan kepada 149 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) itu, dipusatkan di Kantor Desa Jejeg pada Rabu siang (30/11).

Kades Jejeg, Saeful Amin mengatakan, BLT DD di desanya diperuntukan untuk 149 KPM yang tersebar di 4 RW. Setiap KPM akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 300 ribu perbulan. Untuk tahap awal ini akan dibagikan dua bulan terlebih dahulu, sehingga setiap KPM mendapatkan Rp 600 ribu. Untuk BLT yang sebulan, akan dibagikan dalam waktu dekat.

“Rencananya, Pemdes akan membagikan secara door to door untuk mengantisipasi keamanan saat pembagian. Namun, pihak kecamatan meminta dipusatkan di Balai Desa Jejeg,” ujarnya.

Diakui Amin bahwa pembagian BLT DD mengalami keterlambatan yang seharusnya dibagikan pada awal Oktober. Namun, karena uang BLT DD dialihkan ke kegiatan lainnya, sehingga mengalami keterlambatan. Pengalihan itu terjadi saat bulan Agustus, dimana masyarakat menghendaki adanya perayaan HUT RI. Hal itu mengingat selama dua tahun tidak ada kegiatan dalam memeriahkan HUT RI. Padahal, pihaknya tidak menganggarkan untuk kegiatan HUT RI dalam APBDes Jejeg tahun 2022.

BACA JUGA :  Bupati Tegal Apresiasi Poltek Harber Gelar Festival Batik

“Ini karena aspirasi masyarakat, sehingga kegiatan perayaan HUT RI tetap dilaksanakan. Anggaran untuk kegiatan itu mencapai Rp 80 juta,” terangnya.

Ia menegaskan, uang Rp 80 juta yang diambilkan dari BLT DD telah digantinya dengan uang pribadi. Ia secara ikhlas menanggung uang tersebut demi masyarakat Desa Jejeg. Pihaknya bertanggungjawab untuk tetap menyalurkan BLT DD untuk tahap III. Sedangkan untuk BLT DD tahap IV bulan Oktober, November dan Desember, uang masih berada di kas desa.

“Untuk tahap IV akan dibagikan setelah tahap III disalurkan. Dalam waktu dekat, BLT DD tahap IV akan disalurkan,” ujarnya.

Ia menegaskan, bahwa penyaluran BLT DD tidak ada potongan sepeserpun. Hal itu dikarenakan menyalahi aturan. Pihaknya menyalurkan BLT DD dengan menggandeng Forkompincam Bumijawa dan pihak terkait lainnya. Tujuannya untuk memastikan BLT dilaksanakan sesuai aturan dan mengantisipasi keamanan selama proses penyaluran.

“Saya harapkan semuanya bisa kondusif, saling menjaga satu sama lain. Tidak ada permasalahan yang tidak bisa diselesaikan. Pasti ada solusi asal ada niatan baik,” pungkasnya. (T05-Red)

Scroll to top
error: