Tegal Bahari Open Pencak Silat Championship Bergulir

TEGAL, smpantura – Tegal Bahari Open Pencak Silat Championship tingkat SD, SMP, SMA dan Dewasa, telah bergulir di GOR Tegal Selatan, Jumat hingga Minggu (23-25/12).

Pembukaan lomba tersebut dilakukan PJ Sekretaris Daerah Kota Tegal, Sri Primawati, didampingi Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Tegal, H Edy Suripno dan perwakilan IPSI Jateng, Kadarisman.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Tegal, Irkar Yuswan Apendi menyampaikan rasa terima kasih kepada Wali Kota Tegal yang telah mendukung dan mengizinkan terselenggaranya pertandingan tersebut.

“Semoga kejuaran pencak silat dapat dilaksanakan rutin setiap tahun. Tetap jaga sportifitas agar bisa menjadi juara sejati,”

Sementara, Ketua IPSI Kota Tegal, Edy Suripno menyebut bahwa momentum kejuaraan silat Tegal Bahari Open, menjadi proses kaderisasi untuk melaksanakan pembinaan kepada atlet.

Pihaknya meyakini, semakin tinggi dan banyak seorang atlet mengikuti kejuaraan, maka dia akan semakin berpengalaman dan mampu menguasai ilmu.

“Perkembangannya sangat dinamis dan kita manargetkan silat menjadi salah satu cabang olahraga yang akan dibanggakan oleh masyarakat,” tukasnya.

Mewakili Ketua IPSI Jateng, Kadarisman mengatakan, kerja keras seluruh panitia patut diapresiasi hingga mampu menggelar kejuaraan yang mendatangkan kontingen dari berbagai daerah.

BACA JUGA :  KPU Provinsi Jateng Gencar Sosialisasikan Dapil dan Alokasi Kursi Parlemen

Menurutnya, IPSI Jateng sangat mendukung setiap daerah untuk menggelar kegiatan kejuaran sebagai upaya pembinaan dan peningkatan pencak silat di daerah.

Pencak silat pada 2018 di tingkat Asia sudah dilombakan. Hal tersebut menjadi peluang agar pencak silat terus maju, bahkan bisa masuk dalam olimpiade.

“Kalah menang itu hal yang biasa, harus bisa menjunjung tinggi sportifitas. Jika belum menang, maka harus terus berlatih agar bisa menjadi juara,” kata Kadarisman.

Membacakan sambutan Wali Kota Tegal, Pj Sekda Kota Tegal, Sri Primawati mengatakan, kegiatan pertandingan ini selain sebagai media informasi dan komunikasi para peserta bisa menjadi alat pemersatu bangsa dan tempat berkumpulnya bibit-bibit atlet pencak silat. Menjadi ajang uji nyali prestasi para atlit pencak silat.

“Terima kasih kepada panitia yang sudah bekerja keras hingga dapat terselenggara kegiatan ini. Termasuk para sponsor yang memeriahkan kejuaraan. Semoga melalui Tegal Bahari Open ini, akan melahirkan atlet pencak silat yang mumpuni,” ucapnya. (T03-Red)

Scroll to top
error: