UMKM Kota Tegal Berpotensi Go Internasional

TEGAL, smpantura – Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Tegal, berpotensi untuk naik kelas hingga go internasional, apabila diberi pendampingan dan penanganan yang tepat.

Demikian ditegaskan Sekjen Ikatan Alumni Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia, Faruq Ibnul Haqi, saat menghadiri pertemuan warga di Kelurahan Debong Tengah, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal, Senin (26/2/2024).

Menurutnya, tidak sedikit produk Indonesia yang banyak mendapatkan peminat di luar negeri. Seperti halnya Faruq saat membawa sejumlah produk Indonesia ke Turki.

“Saat saya masih menjadi Presiden PPI periode 2021-2022, banyak produk UMKM dari berbagai daerah di Indonesia yang saya bawa ke Turki. Alhamdulillah banyak yang diterima dan saya yakin UMKM Tegal pun memiliki potensi untuk mendunia atau go internasional,” jelasnya.

Lebih lanjut Faruq menjelaskan, banyak formula yang bisa dilakukan untuk mewujudkan UMKM Tegal mendunia. Salah satunya dengan mengkurasi terlebih dahulu produk-produk UMKM Tegal, yang maju dan layak serta siap untuk naik kelas.

BACA JUGA :  Penandatanganan Kerjasama, Hotel Indonesia Group (HIG) dengan KAI Properti 

Selain itu, dapat dilakukan pula sinergi dan kolaborasi bersama-sama dengan elemen stakeholder lain. Bahkan, tidak sedikit dari kementerian UMKM dan koperasi maupun Rumah BUMN yang ada di Kota Tegal, yang bisa diajak kerja sama.

“Ketika kurasi ini sudah muncul dan sudah didapat, Insya Allah kita bisa melakukan coaching terlebih dahulu lalu kita berikan bekal. Bagaimana UMKM Tegal itu bisa naik kelas atau bahkan go internasional, itu sudah ada rumusnya di situ,” jelasnya.

Salah satu warga, Joko Triatmojo mengusulkan, agar UMKM di Kota Tegal, dapat dilibatkan dalam setiap acara yang diselenggarakan pemerintah.

Dengan begitu, maka UMKM akan bisa terangkat untuk meningkatkan perekonomian.

“Tidak hanya catering saja, mungkin UMKM bisa digandeng untuk berkontribusi dalam acara di pemerintahan,” sebutnya. (T03-Red)

Scroll to top
error: