Akuntansi FEB UPS Terakreditasi Unggul

– Usung Berbagai Kegiatan Internasional

TEGAL, smpantura – Setelah berjuang keras meningkatkan kualitas perkuliahan, fasilitas, dan lulusannya, Program Studi (Prodi) Akuntansi S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Pancasakti (UPS) Tegal, akhirnya dapat meraih Akreditasi Unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (Lamemba).

Pencapaian akreditasi tertinggi di perguruan tinggi itu diperkuat pula, setelah terbit SK Dikti No 147/DE/A 1/AR 10/XII/2022, yang diterima pihak fakultas dan universitas, beberapa hari lalu. Pihak fakultas bersama jajaran rektorat selanjutnya menggelar acara tasyakuran, kemarin.

”Yang pertama dan utama, kita wajib bersyukur kepada Allah SWT atas tercapainya akreditasi tertinggi yang diraih Prodi Akuntansi FEB. Ini juga menjadi tantangan berikutnya untuk terus mempertahankan dan meningkatkan kualitasnya. Baik perkuliahannya maupun lulusannya,” terang Rektor UPS Tegal Dr Taufiqullah MHum.

Menurut Rektor, akreditasi yang menjadi kewajiban setiap kampus, menjadi pekerjaan yang membutuhkan fokus pengelola setiap pendidikan tinggi.

Karena itulah, dengan adanya peningkatan kualitas kegiatan, salah satunya dengan mengusung kegiatan bertaraf Internasional dalam berbagai kegiatannya, menjadikan prodi di fakultas tersebut menjadi salah satu yang disegani di wilayah Pantura Barat Jateng. Juga menjadi nilai tambah dalam pencapaian Akreditas Unggul.

Cukup Lama

Dekan FEB Dr Dien Noviany Rahmatika SE MM Ak CA mengatakan, untuk meraih akreditasi tersebut, persiapannya sudah dilakukan cukup lama. Mengingat akreditasi Lamemba agak berbeda dibanding BAN PT. Untuk itu saat fakultasnya mengajukan peningkatan kualitas akreditasi, semuanya dapat tercapai sesuai target. Yakni, akreditasi Prodi Akuntansi akhirnya dapat meraih Akreditasi Unggul, dan Prodi Manajemen dengan meraih Akreditasi Baik Sekali.

BACA JUGA :  Persiapan HIPMI Basketball Competition Season 2 Sudah 80 Persen

Berkait dengan peningkatan kualitas akreditasi prodi di fakultasnya, Dien Rahmatika mengungkapkan, dalam beberapa tahun terakhir, fakultas yang dipimpinnya terus berbenah. Antara lain dengan mengusung program internasionalisasi, yang dilakukan dalam setiap kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Apalagi fakultasnya juga memiliki mahasiswa asing. Hal itu dinilainya cukup memperkuat atmosfir akademik.

Kondisi tersebut, juga didukung dengan sertifikasi internasional yang dikantongi dosen dan mahasiswa. Salah satunya dengan terbitnya penelitian dan pengabdian masyarakat, kolaborasi dosen dan mahasiswa, menjadi salah satu tolok ukur yang dipersiapkan untuk memperkuat pemenuhan penilaian pencapaian akreditasi unggul.

Kondisi tersebut juga diperkuat dengan 2.400 mahasiswanya. Fakultas tersebut terus berbenah. Antara lain, dengan meningkatkan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang dilakukan dosen dan mahasiswa.

Target dalam dua tahun mendatang, fakultas tersebut berencana melakukan re- akreditasi untuk Prodi Manajemen yang telah mendapatkan Akreditasi Baik Sekali.

Civitas Akademika fakultas tersebut cukup optimis, dengan adanya perubahan status akreditasi, dapat menjadi modal langkah nyata lulusan fakultasnya, diterima dimasyarakat. Karena telah teruji kompetensinya.(Riyono Toepra)

Scroll to top
error: