Bhabinkamtibmas di Tegal Diimbau Dekati Warga

  • Pascacoblosan dan Penghitungan Suara

 

TEGAL, smpantura – Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas), diimbau untuk meningkatkan dialog dan terus mendekati warga, sebagai upaya untuk memantau situasi dan kondisi keamanan lingkungan. Terutama saat pascapencoblosan dan penghitungan suara Pemilu 2024.

Peran Bhabinkamtibmas dinilai sangat penting, sebagai unjung tombak memantau situasi dan kondisi keamanan lingkungan. Karena keberadaannya yang tersebar di 17 Kelurahan dan empat kecamatan, telah terbiasa dan dekat dengan masyarakat.

”Ajak dialog dengan warga, mulai tingkat RT, RW hingga kelurahan di wilayah hukumnya masing-masing. Sebab antisipasi kejahatan, atau menciptakan suasana yang tenang dan aman, butuh kerjasama dengan masyarakat. Selain itu, sinergitas TNI-Polri harus terus dijaga. Karena itulah, duet Bhabinkamtibmas Polres Tegal Kota dan Babinsa Kodim 0712/Tegal, perlu dilakukan dalam upaya membina keamanan lingkungan,” terang Kapolres Tegal Kota AKBP Rully Thomas.

Di sisi lain, Kapolres Tegal Kota menegaskan, patroli keamanan di saat situasi dan kondisi seperti sekarang, harus terus dilakukan. Khususnya saat malam hari hingga dini hari. Hal itu mengingat kerawanan kemunculan kejahatan jalanan di rentang waktu tersebut.

Patroli dilakukan dengan menerjunkan mobil backbone Sat Sabhara Polres hingga yang dimiliki di tiap polsek, sekaligus menerjunkan Tim Rainmas. Selain itu, jajaran Sat Intelkam dan Satreskrim juga menerjunkan sejumlah personel khusus di lapangan. Seperti dari Satreskrim dengan Tim Resmobnya. Itu untuk memperkuat patroli keamanan, bila diperlukan tindakan penanganan yang cepat dan taktis terhadap berbagai tindak kejahatan.

BACA JUGA :  Meriahkan Hari Ibu, PAUD Sakila Kerti Gelar Lomba Memasak

Menganggap Remeh

Dengan langkah-langkah seperti itu, menunjukkan pihaknya tidak mau underestimate, atau menganggap remeh terhadap situasi dan kondisi keamanan yang sudah tercipta baik. Yakni, aman dan nyaman. Akan tetapi, patroli dan penjagaan terus ditingkatkan.

”Harapannya terjaga suasana aman dan nyaman di tengah-tengah masyarakat, seperti yang sudah terjadi saat menjelang dan saat coblosan Pemilu 2024. Sekarang setelah pencoblosan selesai, maupun usai penghitungan suara di tingkat KPUD, suasana kondusif ini harus terus kita jaga bersama,” tandas AKBP Rully Thomas.

Dari pemantauan, selain telah menyebar personel Bhabinkamtibmas yang berkolaborasi dengan prajurit Babinsa TNI, patroli mobil backbone, juga menerjunkan patroli menggunakan kendaraan sepeda motor dari Sat Sabhara yang berseragam.

Patroli juga dilakukan dengan menerjunkan personel tidak berseragam. Terutama dari personel Sat Intelkam dan Satreskrim. Mereka yang berseragam dinas lapangan, juga siaga di lokasi kantor PPK dan KPUD, termasuk di sejumlah objek vital.

Menurut dia, kehadiran personelnya di tengah-tengah masyarakat memang secara psikologis dapat memberikan rasa aman. Karena itulah, kegiatan patroli juga dilakukan dengan menggelar dialog dengan masyarakat. Karena tanggung jawab keamanan juga membutuhkan peran serta dari masyarakat. Sehingga tercipta tanggung jawab bersama. Yakni, polisi dan masyarakat, bersama-sama menjaga keamanan lingkungan.(T02_Red)

Scroll to top
error: