Peduli Lingkungan di Ujung Tegalsari

Dibuat oleh : Divisi Advokasi Himasi

HIMASI ( Himpunan Mahasiswa Akuntansi ) UPS Tegal bersama Dinas Lingkungan Hidup ( DLH ) kota Tegal melakukan kerjasama terkait peduli lingkungan. Kegiatan ini mengajak semua lapisan, baik HIMASI, mahasiswa STMIK, anak muda, penggiat lingkungan, serta masyarakat umum. Hari minggu, tanggal 14 Januari 2024 di Kampung Tirang Tegalsari, mereka bersama sama melakukan kegiatan tersebut. Kegiatan ini mereka namai HIMASI PEDULI LINGKUNGAN.

Himasi Peduli Lingkungan adalah salah satu program kerja Himasi, khususnya divisi Advokasi Himasi. Mungkin dari orang awan berfikir, kenapa Himasi mengadakan kegiatan seperti ini ?kan enggak balance sama dengan program studi. Himasi memiliki jawaban tersendiri, yakni Himasi Peduli Lingkungan memang tidak balance dengan jurusan, namun ini adalah sebuah salah satu semangat baru bagi Himasi. Mereka berfikiran bahwa kegiatan lingkungan seperti ini memang harus dilakukan, karena banyak sekali dari temen generasi muda yang mulai enggan dengan kepedulian lingkungan. Oleh karena itu, tidak salah kita hidupkan kembali semngat peduli lingkungan, dengan diadakannya Himasi Peduli Lingkungan.

Kegiatan kemarin, ada 3 rangkaian acara : Sosialisasi, Bersih Bersih Lingkungan, serta Penanaman Pohon mangrove. Sosialisasi dilakukan dengan menggandeng beberapa narasumber dari DLH dan DPR Remaja Jawa Tengah. Dari DLH Diwakili oleh ibu Indri, Ibu Indri menyampaikan beberapa materi terkait dengan pentingnya generasi muda akan terciptanya kepedulian lingkungan, banyak sekali materi materi baru yang di sampaikan, terkait sampah, kawasan pantai, serta manggrove. Dari perwakilan DPR Remaja diwakili oleh mba Sekar Wulandari.

Sekar menyampaikan beberapa motivasi kepada generasi muda untuk selalu bersama sama dalam usaha kepedulian lingkungan. Sosialisasi sekitar 1 jam dengan 2 pemateri. Setelah itu, Kegiatan berikutnya yakni bersih bersih pantai di kawasan kampung Tirang. Kampung Tirang terletak di sebelah timur Pantai Muarareja, Letaknya paling ujung timur dari Muarareja. Bersih Bersih ini dimulai dari barat pantai kampung tirang sampai timur kampung tirang. Bersih bersih dilakukan selama 1 jam. Sampah yang dikumpulkan ada tiga jenis, yakni sampah AnOrganik, Organik, serta Puntung rokok. Untuk ketiga sampah tersebut terpisah kantong trash bag. Kantong trash bag yang kami siapkan ada sikitar 30 kantong trash bag. Sampah Anorganik seperti plastik bungkus makanan, sedotan, serta segala macam sampah yang sulit terurai. Sampah Organik seperti bambu kecil2 serta berbagai sampah lainnya. Untuk sampah putung rokok kami menyiapkan kantong plastik putih.

BACA JUGA :  Delengna Bae Gen

Kegiatan ini mendapat beberapa dukungan dari beberapa pihak, yakni  pihak FEB UPS Tegal, pihak DLH kota Tegal, pihak Dinkes kota Tegal, dan berbagai pihak lainnya. Untuk DLH memberikan dukungan seperti pemateri, pemberian pohon mangrove, serta dukungan lainnya. Tak hanya DLH kota Tegal yang memberikan dukungan berupa pemberian sarung tangan. Untuk pihak FEB memberikan dukungan dengan anggaran.

Himasi Peduli lingkungan pada tahun ini adalah pertama kali di selenggarakan oleh HIMASI. Namun, berkat dukungan, kerjasama dan motivasi yang di berikan kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar. Ini menjadi salah satu bukti bahwa HIMASI mampu dalam menyelenggarakan kegiatan di luar kampus. Himasi peduli berhasil memberikan suatu manfaat yang bisa di rasakan baik dari temen temen mahasiswa, masyarakat dan lingkungan itu sendiri. Kegiatan ini salah satu pelopor untuk mahasiswa agar bisa lebih perhatian kepada lingkungan dan  masyarakat. Perlu di perbanyak lagi kegiatan kegiatan yang terjun ke masyarakat, agar mahasiswa bisa lebih mengerti apa yang di rasakan masyarakat.

Harapan di adakannya kegiatan ini adalah memberikan suatu pembelajran mengenai peduli lingkungan kepada generasi muda, khususnya temen temen himasi, mahasiswa, dan masyarakat umum. Tak hanya pembelajaran tetapi ada suatu tindakan langsung, yakni praktek mengenai pemilahan sampah, pembersihan sampah dipesisir panatai, dan penanaman pohon mangrove.

Untuk kedepannya Himasi Peduli lingkungan biasa lebih luas lagi cangkupannya, tidak hanya lingkup kota Tegal. Namun bisa lagi berkembang ke wilayah lainnya. Mungkin setiap tahun konsep acaranya berubah sesuai dengan kondisi dan situasi. Namun besar harapan program kerja ini bisa banyak yang bisa di ajak kerjasama.

Scroll to top
error: