Pelaporan Keuangan Berbasis Digital Makin Diperlukan

TEGAL, smpantura – Prodi Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik (ASP) Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) menggelar Pelatihan Penyusunan Pelaporan Keuangan Berbasis Google Spreadsheet, Kamis (10/1).

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) tersebut, diperuntukkan bagi siswa kelas XII SMK Negeri 1 Dukuhturi, Kabupaten Tegal.

Ketua Prodi ASP Poltek Harber Mohammad Alfian menuturkan, pelatihan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan siswa terkait dengan penyusunan pelaporan keuangan yang berbasis Google Spreadsheet.

“Siswa jurusan Akuntansi Keuangan Lanjutan perlu meningkatkan kemampuan dan kapasitas dalam hal penyusunan pelaporan keuangan berbasis digital. Sebab, akuntan harus siap dengan perubahan zaman dengan beradaptasi dengan perkembangan teknologi,” ujar Alfian.

Ditambahkan dia, dengan adanya pelatihan, siswa dibimbing untuk mampu membuat atau menguasai sistem informasi digital seperti Google Formulir, Google Sites, Google Spreadsheet dan Google Drive.

BACA JUGA :  NU Kota Tegal Dukung KH Rofiq Mahfudz Pimpin PWNU Jateng

Pelaporan keuangan berbasis digital, masih kata Alfian, menjadi modal awal untuk mengembangkan kemampuan atau pola pikir dimasa mendatang.

“Siswa dituntut lebih memahami tentang sistem dan kemampuan digital. Karena setelah lulus persaingan pencarian kerja di dunia industri lebih ketat,” ungkap guru SMK N 1 Dukuhturi, Tri.

Salah satu siswa pelatihan, Ais mengaku merasa senang dan puas dengan materi yang diberikan. Terlebih, ilmu yang didapat itu terbilang baru dan belum pernah diajarkan.

“Alhamdulillah bisa dapat ilmu dan pengalaman baru. Apalagi materi pelatihan yang disampaikan mudah dipahami dengan cara penyampaian secara non formal dan tidak monoton,” ucapnya. (T03-Red)

Scroll to top
error: