PPK Harus Bisa Jaga Soliditas dan Integritas

PEMALANG – Semua anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kabupaten Pemalang harus bisa menjaga soliditas dan integritas dalam penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 mendatang. Hal tersebut disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pemalang, Mustaghfirin saat melantik anggota PPK se Pemalang, Rabu (4/1).

“Alhamdulilah hari ini (kemarin) para anggota PPK yang berjumlah 70 orang sudah dilantik, dan mereka langsung mengikuti bimbingan teknik dari KPU Pemalang. Saya juga mengucapkan terimakasih pada tamu undangan yang sudah hadir dalam acara tersebut seperti Plt Bupati, Mansur Hidayat, Ketua Bawaslu Pemalang, Kapolres, Dandim, maupun Sekretaris daerah (Sekda),” ujar Ketua KPU Pemalang, Mustaghfirin dalam sambutannya.

Dia mengatakan, tahapan pembentukan PPK sudah dilalui baik dan proses pendaftaran, seleksi adminitrasi, tes CAT, tes wawancara dan pelantikan. 70 orang yang terpilih dan sudah dilantik siap bekerja sebagai penyelenggara Pemilu ditingkat kecamatan. Namun pihaknya berpesan pada mereka agar para anggota PPK tersebut harus bisa menjaga soliditas dan tetap memegang teguh netralitas serta memiliki integritas. Apabila hal tersebut bisa diterapkan sedikit banyak berdampak positif bagi penyelenggaraan Pemilu. PPK yang terlantik diharapkan bisa menjalankan tugas secara amanah sehingga bisa nembawa demokrasi yang bermartabat. Dipundak para anggota PPK demokrasi di Indonesia, khususnya di Pemalang ditentukan dari kinerja mereka. Untuk itu pihaknya berharap PPK bisa menjalankan tugasnya dengan amanah. PPK dalam melaksanakan tugas tugas Pemilu tahun 2024 bebannya cukup berat karena harus memilih lima suara pada hari yang sama. Oleh sebab itu dalam menjalankan tugas harus bisa menjaga soliditas dan integritas.Dengan integritas PPK yang baik pihaknya yakin Pemilu bisa berjalan dengan baik, lancar dan demokrasi di Indonesia akan menjadi demokrasi yang bermartabat.

BACA JUGA :  Cegah Penyelewengan, Kepala Sekolah Diminta Transparan Kelola Dana BOS

“Berkaitan dengan agenda pelantikan pada hari ini, atas nama Pemerintah Kabupaten Pemalang, saya Mansur Hidayat, selaku Plt. Bupati Pemalang mengucapkan “Selamat” kepada seluruh anggota PPK se – Kabupaten Pemalang yang telah dilantik. Saya berharap semoga dapat mengemban tugas dan tanggung jawab secara profesional untuk mempersiapkan seluruh rangkaian kegiatan Pemilu tahun 2024 agar berjalan lancar, jujur dan adil,” tandas Plt Bupati Pemalang, Mansur Hidayat.

Ia mengatakan, melalui kesempatan tersebut perlu ditekankan bahwa penyelenggaraan Pemilu harus berjalan dengan lancar dan sukses tanpa adanya permasalahan sedikit pun. Oleh karena itu, guna menghindari terjadinya permasalahan, PPK selaku penyelenggara pemilihan, harus melakukan deteksi dini terhadap beberapa potensi permasalahan yang mungkin terjadi. Berdasarkan pengalaman selama ini, beberapa tahapan Pemilu yang berpotensi menimbulkan permasalahan, antara lain terkait penentuan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT), pelaksanaan kampanye, pemungutan suara dan rekapitulasi penghitungan suara. Oleh karena itu, guna meminimalisir terjadinya permasalahan, diperlukan adanya langkah-langkah strategis dan sistematis, termasuk koordinasi dengan berbagai instansi atau lembaga terkait lainnya.(T08-Red)

Scroll to top
error: